BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Waduh, Marc Marquez Lagi-Lagi Jalani Operasi Bahu

27-11-2019 08:40 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) HRC Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) HRC

Bola.net - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, mendadak harus menjalani operasi bahu usai menjalani uji coba pascamusim MotoGP Jerez, Spanyol, 25-26 November 2019. Marquez diketahui mengalami kecelakaan hebat di Tikungan 13 pada hari pertama uji coba.

Kecelakaan ini membuat Marquez mengalami dislokasi parsial pada bahu kanan, meski tetap mampu melanjutkan uji coba sampai hari kedua. Uniknya, Marquez mengaku bahu kanannya sudah sempat mengalami dislokasi sebelum terjatuh di Jerez.

Dislokasi bahu itu pun terjadi dalam sesi Kualifikasi 2 (Q2) MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang pada awal November, yakni saat ia berusaha membuntuti Fabio Quartararo dan akhirnya terjatuh keras di Tikungan 2.

1 dari 2 halaman

Mirip Cedera Bahu Kiri Tahun Lalu

Usai menyelesaikan semua program uji coba di Jerez, Marquez pun bertolak ke Universitario Dexeus, Barcelona, untuk menjalani pemeriksaan medis lebih detail. Akhirnya, Marquez dan tim dokter memutuskan segera menjalani operasi pada hari Rabu (27/11/2019).

Keputusan ini diambil mengingat cedera ini cukup mirip dengan cedera bahu kiri yang ia derita sejak 2014 dan baru dioperasi pada awal Desember 2018. Demi menghindari kondisi fisik yang makin memburuk, operasi pun harus segera dilakukan.

MotoGP sendiri akan menjalani masa larangan uji coba bagi para pebalap reguler pada 1 Desember-31 Januari. Para pebalap baru akan turun lintasan lagi di uji coba pramusim Sepang, Malaysia, pada 2-4 Februari (shakedown) dan 7-9 Februari.

Berikut pernyataan resmi Marc Marquez via rilis resmi Honda Racing Corporation (HRC).

2 dari 2 halaman

Pernyataan Resmi Marc Marquez

"Pada musim dingin ini saya ingin menjalani liburan menyenangkan dan menikmati masa tenang usai musim 2019 yang hebat, tapi ini waktunya menjalani operasi pada bahu kanan.

"Seperti yang diketahui semua orang, musim dingin tahun lalu sangat berat bagi saya akibat operasi pada bahu kiri, yang benar-benar rusak. Saya pun ingin menghindari situasi yang sama pada bahu kanan saya di masa depan, jadi saya bicara serius dengan para dokter soal apa saja opsi yang kami punya.

"Sebelum Motegi, saya punya masalah pada bahu ini, dan setelah kecelakaan di Malaysia saya mengalami subluksasi. Dalam uji coba ini, saya dapat subluksasi lagi usai kecelakaan, jadi kami putuskan dengan para dokter bahwa yang terbaik adalah menjalani operasi demi menghindari situasi yang sama seperti bahu kiri.

"Masa pemulihan akan berjalan kurang lebih sama dengan operasi yang lalu, dan kami akan bekerja dengan cara yang sama demi tiba di uji coba Malaysia dengan kondisi sekuat mungkin."

KOMENTAR

Bermain Seri, Arsenal Jadi Juara Grup Liga Europa