BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

VR46 vs Gresini: Siapa yang Akan Jadi Tim Satelit Suzuki di MotoGP 2022?

17-12-2020 12:19 | Anindhya Danartikanya

Duet Suzuki Ecstar, Joan Mir dan Alex Rins (c) AP Photo Duet Suzuki Ecstar, Joan Mir dan Alex Rins (c) AP Photo

Bola.net - Tak pelak lagi bahwa Suzuki terus mengalami lonjakan performa di MotoGP sejak kembali pada 2015, yang dipuncaki dengan keberhasilan mereka merebut gelar dunia pembalap lewat Joan Mir dan mengunci gelar dunia tim pada 2020. Kini, target mereka selanjutnya adalah membentuk tim satelit.

Manajer Tim Suzuki Ecstar, Davide Brivio, mengusulkan ide tim satelit kepada para petinggi di Hamamatsu, Jepang, sejak 2017. Sayang, ide ini terus ditolak. Namun, kini Suzuki makin sadar betapa pentingnya tim satelit demi mengumpulkan banyak data. Mereka pun mematok 2022 sebagai tenggat waktu mewujudkan gagasan Brivio itu.

Meski begitu, untuk menurunkan tim satelit, Suzuki harus menggandeng partner yang berpengalaman. Tadinya, mereka berniat menggandeng LCR Team. Namun, tim asal Italia itu telanjur berkomitmen erat sebagai tim satelit Honda, dan mendapatkan tawaran kerja sama yang sulit disaingi oleh pabrikan lain.

Avintia Racing, yang kini bernama Esponsorama Racing, sempat dikabarkan akan meninggalkan Ducati Corse demi jadi kandidat baru tim satelit Suzuki. Namun, tim yang bermarkas di Andorra ini terus-terusan mengalami masalah finansial, bukti bahwa struktur mereka tak terlalu solid. Suzuki pun jadi ragu menggandeng mereka.

1 dari 3 halaman

Valentino Rossi Tak Wajibkan VR46 Jadi Tim Satelit Yamaha

Pebalap Sky Racing VR46, Luca Marini (c) VR46 Pebalap Sky Racing VR46, Luca Marini (c) VR46

Nama baru pun muncul, yakni Team VR46. Tim balap milik Valentino Rossi itu tadinya diperkirakan jadi tim satelit Yamaha. Namun, Yamaha justru menggandeng Petronas SRT sejak 2019, dan kerja sama yang sukses selama dua tahun belakangan membuat mereka diperkirakan akan melanjutkan kerja sama pada 2022.

Mengingat Esponsorama bakal mengundurkan diri dari MotoGP dan VR46 akan turun sepenuhnya di kelas para raja pada 2022, kedua tim ini pun memutuskan melebur pada 2021, tetap bekerja sama dengan Ducati, demi menurunkan Luca Marini. Team VR46 bahkan mengabaikan status Rossi sebagai ikon Yamaha.

Rossi sendiri mengaku tak mewajibkan Team VR46 bekerja sama dengan Yamaha. Ia bahkan mengizinkan mereka bekerja sama dengan pabrikan apa pun, kecuali Honda, tempat di mana Marc Marquez berada. Namun, ini juga tak berarti bahwa Team VR46 akan tetap jadi tim satelit Ducati pada 2022 mendatang.

Mengingat persahabatannya dengan Brivio, ditambah prestasi Suzuki yang gemilang pada 2020, bukannya tak mungkin Rossi mendorong Team VR46 untuk jadi tim satelit Suzuki. Brivio sendiri sudah memberi sinyal kepada media massa, bahwa pihaknya telah menjalani negosiasi dengan beberapa tim, termasuk VR46.

2 dari 3 halaman

Gresini Racing Berpotensi Halang Laju VR46

Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia

Namun, ketika jalan VR46 menuju Suzuki terlihat mulus, Gresini Racing merilis pengumuman takkan lagi jadi bagian tim pabrikan Aprilia Racing mulai 2022 dan akan kembali menjadi tim independen seutuhnya. Uniknya, sang bos, Fausto Gresini, belum mau membeberkan di pabrikan mana timnya nanti bernaung.

Keraguan Gresini untuk memberikan ketegasan ini tentu bertolak belakang dengan pernyataannya pada awal musim, saat ia sempat mengaku yakin bahwa timnya akan menjadi tim satelit Aprilia Racing setelah kerja sama mereka membentuk tim pabrikan berakhir pada 2022.

Kini, Gresini justru santer dikabarkan jadi tim kedua yang tengah bernegosiasi dengan Suzuki untuk menjadi tim satelit mereka. Meski Team VR46 bisa menawarkan rider-rider muda bertalenta dari VR46 Riders Academy, Gresini juga telah memegang kontrak dengan rider muda Italia kuat lainnya, Fabio di Giannantonio.

Gosip negosiasi antara Gresini dan Suzuki ini juga didukung oleh fakta bahwa 'Diggia' telah menolak tawaran Aprilia Racing untuk menggantikan Andrea Iannone di MotoGP 2021. Ia justru memilih bertahan dengan Gresini di Moto2, meski belum tahu motor apa yang akan dikendarainya di MotoGP 2022.

Jadi, tim manakah yang akan dipilih Suzuki sebagai tim satelit mereka di MotoGP 2022? Kita nantikan kabar selanjutnya ya, Bolaneters!

3 dari 3 halaman

Video: Ikut Jejak Ayah, Mick Schumacher Turun di Formula 1 2021

KOMENTAR