BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

VR46 Team Rayu KTM Lepas Pedro Acosta untuk Moto2 2022

07-06-2021 17:45 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Red Bull KTM Ajo, Pedro Acosta (c) KTM Ajo/Ajo.fi Pembalap Red Bull KTM Ajo, Pedro Acosta (c) KTM Ajo/Ajo.fi

Bola.net - Berkat debut sensasional, rider Red Bull KTM Ajo Moto3, Pedro Acosta, langsung santer dikabarkan bakal naik ke Moto2 pada 2022. Namun, rumor terbaru menyatakan ia tak hanya dapat ketertarikan dari KTM Ajo, melainkan juga dari VR46 Team, tim balap Valentino Rossi. Inilah yang dilansir Corsedimoto, Minggu (6/6/2021).

Tujuh balapan pertama sudah berlalu, dan Acosta sukses menyajikan performa spektakuler. Ia mengoleksi empat podium termasuk ketiga kemenangan, salah satunya kemenangan besar di Seri Doha usai start dari pitlane. Kini ia tengah memimpin klasemen pembalap Moto3 dengan 120 poin, unggul 39 poin dari Sergio Garcia.

Acosta pun langsung digosipkan bakal naik ke Moto2 tahun depan bersama Red Bull KTM Ajo, jadi pengganti Remy Gardner yang sudah dipastikan bakal naik ke MotoGP bareng Tech 3 KTM. Ia juga berpotensi jadi pengganti Raul Fernandez, yang bisa ikut ke Tech 3 KTM atau membela Petronas Yamaha SRT di kelas tertinggi.

1 dari 3 halaman

VR46 Tekad 'Beli' Kontrak Pedro Acosta dari KTM Ajo

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) Petronas SRT Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) Petronas SRT

Uniknya, Corsedimoto melaporkan bahwa DAZN mendapat bisikan dari dalam paddock bahwa Acosta juga dilirik oleh VR46 Team untuk diturunkan di Moto2 sebagai Marco Bezzecchi. Seperti yang diketahui, 'Bezze' berpeluang besar naik ke MotoGP tahun depan, membela tim yang sama untuk jadi tandem Luca Marini.

Jika ini terwujud, tentu akan jadi peristiwa unik. Pasalnya, VR46 Team selama ini menjadi tempat rider-rider muda Italia bernaung, terutama yang merupakan anggota VR46 Riders Academy. Acosta sendiri bukan anggota akademi tersebut, dan bahkan merupakan rider asal Spanyol, yang selama ini jadi rival sengit Italia.

Kabar terkini pun menyatakan VR46 Team dan Acosta sudah melakukan kontak selama pekan balap MotoGP Catalunya akhir pekan lalu. VR46 Team isunya sangat bersedia 'membeli' kontrak Acosta dari KTM Ajo sebesar 500.000 euro demi bisa menggunakan jasa rider berusia 17 tahun tersebut di atas motor Kalex.

2 dari 3 halaman

Sudah Lama Buka Mata pada Rider Non-Italia

Marco Bezzecchi, Luca Marini, Celestino Vietti, dan Pablo Nieto (c) Sky Racing VR46 Marco Bezzecchi, Luca Marini, Celestino Vietti, dan Pablo Nieto (c) Sky Racing VR46

VR46 Team sendiri sudah dimanajeri oleh sosok asal Spanyol, Pablo Nieto, eks pembalap Grand Prix sekaligus anak mendiang 13 kali juara dunia, Angel Nieto. Nieto sudah sejak lama menegaskan bahwa VR46 Team tak pernah mengesampingkan kans menggaet rider non-Italia.

Kepada Speedweek pada 2019 lalu, Nieto bahkan mensinyalir VR46 Riders Academy bisa berkembang membantu rider-rider muda non-Italia. "Sejauh ini, kami hanya punya rider pembalap Italia di Academy. Tapi mungkin kami harus memperluas pandangan kami," ungkap Nieto kala itu.

Jika Acosta benar-benar menerima tawaran dari VR46 Team demi turun di Moto2 2022, dan VR46 Team benar-benar serius 'membeli' kontraknya dari KTM Ajo, maka ia akan bertandem dengan Celestino Vietti. Apakah hal ini akan terwujud? Kita nantikan kabar selanjutnya ya, Bolaneters!

Sumber: Corsedimoto, DAZN, Speedweek

3 dari 3 halaman

Video: Sirkuit Mandalika Siap Sambut MotoGP 2021

KOMENTAR