VR46 Berpotensi Tetap di Ducati, Dapat Bantuan Sponsor dari Arab Saudi

Anindhya Danartikanya | 26 April 2021, 11:33
VR46 Berpotensi Tetap di Ducati, Dapat Bantuan Sponsor dari Arab Saudi
Pembalap Esponsorama Racing-Sky Racing VR46, Luca Marini (c) Sky Racing VR46

Bola.net - Meski belakangan digosipkan bisa menjadi tim satelit Aprilia Racing di MotoGP 2022, tampaknya potensi Sky Racing VR46 untuk bertahan sebagai tim satelit Ducati Corse tetap terbuka sangat lebar. Menurut Corsedimoto, Minggu (25/4/2021), tim balap Valentino Rossi ini akan mengumumkan proyeknya di Mugello, Italia, 28-30 Mei nanti.

Kabarnya, kontrak tanda kesepakatan antara VR46, Dorna Sports, begitu juga sponsor-sponsor yang menyertai akan ditandatangani di Le Mans, Prancis, pada 14-16 Mei nanti, dan kemudian akan diumumkan dua pekan setelahnya, yakni di Mugello, sirkuit kandang VR46 dan Rossi sendiri.

Kabarnya, VR46 bakal mendapatkan kucuran dana cukup masif dari Arab Saudi untuk proyek 2022 mereka. Seperti diketahui, sejak Seri Qatar pada 26-28 Maret lalu, tim VR46 baik di MotoGP maupun Moto2 telah mulai disponsori oleh Tanal Entertainment Sport & Media, yakni perusahaan milik Pangeran Abdulaziz bin Abdullah Al Saud.

1 dari 3 halaman

Berpotensi Takkan Ubah Line up Pembalap

Luca Marini dan Enea Bastianini (c) Facebook/Sky Racing VR46

Luca Marini dan Enea Bastianini (c) Facebook/Sky Racing VR46

Tanal Entertainment Sport & Media memang belakangan ini sedang giat-giatnya mempromosikan 'Saudi Vision 2030', yang fokus pada pariwisata Arab Saudi, begitu pula industri konstruksi dan teknologi ramah lingkungan. Dalam beberapa tahun ke depan, tiga kota akan dibangun berdasarkan program-program tersebut.

Bagi perusahaan ini, tak ada yang lebih baik dari Rossi dan VR46 untuk dijadikan alat promosi proyeknya. Belum dipastikan pabrikan mana yang akan diajak bekerja sama oleh VR46, namun kabarnya tim yang bermarkas di Tavullia, Italia, ini bertekad bertahan di Ducati.

Dengan begitu, kemungkinan besar line up pembalapnya juga takkan berubah: Luca Marini akan tetap bertandem dengan Enea Bastianini. Bastianini memang bukan anggota VR46 Riders Academy, namun juara dunia Moto2 2020 itu punya relasi yang kuat dengan Ducati Corse.

2 dari 3 halaman

Minta Setidaknya Satu Motor Spek Pabrikan

Pembalap Esponsorama Racing-Sky Racing VR46, Luca Marini (c) Twitter/Sky Racing VR46

Pembalap Esponsorama Racing-Sky Racing VR46, Luca Marini (c) Twitter/Sky Racing VR46

Dengan biaya sekitar 10 juta euro, VR46 dikabarkan meminta Ducati Corse setidaknya menyediakan satu motor Desmosedici spek pabrikan. Keputusan soal siapa yang akan meraihnya pada 2022 akan diambil berdasarkan siapa di antara Marini dan Bastianini yang meraih hasil baik pada 2021.

Kabar ini pun sekaligus mempersempit kesempatan Gresini Racing untuk merapat ke Ducati. Seperti diketahui, tim ini resmi akan memisahkan diri dari struktur tim pabrikan Aprilia Racing. Meski sangat tertarik menjadi tim satelit Ducati, Gresini juga masih punya kesempatan untuk jadi tim satelit Aprilia.

Di lain sisi, mengingat tingginya biaya balap di MotoGP, ada kemungkinan Gresini akan mundur dari kelas tertinggi, dan fokus menjalankan program junior di Moto3 dan Moto2, sekaligus berkompetisi di MotoE.

Sumber: Corsedimoto

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR