VR46 Beber Alasan Terima Sponsor dari Pangeran Arab Saudi demi Turun di MotoGP 2022

Anindhya Danartikanya | 29 April 2021, 10:21
VR46 Beber Alasan Terima Sponsor dari Pangeran Arab Saudi demi Turun di MotoGP 2022
Corak motor Aramco Racing Team VR46 (c) Tanal Entertainment Sport & Media

Bola.net - CEO VR46, Alberto Tebaldi, akhirnya buka suara mengenai proyek VR46 Team yang akan menjadi tim balap seutuhnya di MotoGP 2022 dengan sponsor dari Pangeran Arab Saudi, Abdulaziz bin Abdullah Al Saud. Kepada GPOne pada Rabu (28/4/2021), Tebaldi pun mengatakan bahwa kerja sama ini ternyata sudah digodok sejak pertengahan 2019.

Seperti diketahui, tim balap Valentino Rossi ini sudah turun di MotoGP 2021 bersama Ducati dan menurunkan Luca Marini. Namun, mereka masih melebur dengan Esponsorama Racing, yang menurunkan Enea Bastianini. Esponsorama sendiri memastikan diri akan mundur dari MotoGP akhir tahun nanti, jadi slotnya untuk 2022 akan diambil alih oleh VR46.

Mulai musim ini pula, VR46 Team baik di MotoGP maupun Moto2 dapat sponsor dari Tanal Entertainment Sport & Media, perusahaan milik Pangeran Abdulaziz bin Abdullah Al Saud. Perusahaan ini sedang giat mempromosikan 'Saudi Vision 2030', yang fokus pada pariwisata Arab Saudi, industri konstruksi, dan teknologi ramah lingkungan.

1 dari 3 halaman

Berawal dari Tekad Bangun Taman Hiburan

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) Petronas SRT

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) Petronas SRT

Tebaldi pun menyatakan pembicaraan dengan Tanal Entertainment Sport & Media sudah dilakukan sejak Juni 2019. Namun, kala itu mereka hanya membicarakan kerja sama di sektor pariwisata, karena Arab Saudi ingin membentuk taman hiburan VR46, yang terinspirasi Ferrari World Abu Dhabi di Uni Emirat Arab.

"Dua tahun lalu, tepatnya pada Juni 2019, saya bertemu arsitek Marco Bernardini, yang juga orang kepercayaan Pangeran Saudi untuk proyek Saudi Vision 2030, dan yang melibatkan konstruksi di tiga kota. Kami mulai berpikir soal kans menciptakan taman hiburan VR46, seperti Ferrari di Abu Dhabi," ujar pria yang akrab disapa 'Albi' ini.

Uniknya, dari pembicaraan itu, muncullah gagasan untuk menjalin kerja sama dalam bentuk sponsor untuk VR46 di MotoGP dan Moto2, yang akhirnya terwujud tahun ini. Namun, pada Rabu (28/4/2021), Tanal Entertainment Sport & Media resmi mengumumkan bahwa Saudi Aramco akan jadi sponsor utama VR46, mengambil alih peran Sky.

2 dari 3 halaman

Impian Orang yang Berkecimpung di Dunia Olahraga

Marco Bezzecchi, Luca Marini, dan Celestino Vietti (c) Sky Racing VR46

Marco Bezzecchi, Luca Marini, dan Celestino Vietti (c) Sky Racing VR46

"Kami membicarakan sinergi dari semua rangkaian program kerja sama, sampai akhirnya kami pikir bakal menyenangkan jika komitmen ini diperluas ke level olahraga. Ide ini pun kami teruskan, hingga tim kami mendapatkan sponsor dari mereka mulai tahun ini, sembari memikirkan kerja sama lebih jauh," jelas Tebaldi.

Pria asal Italia yang juga sahabat Valentino Rossi sejak anak-anak ini pun mengaku sangat bangga timnya bisa mendapatkan dukungan besar dari perusahaan yang kuat dan berpengaruh. Menurut Tebaldi, ini adalah impian bagi semua orang yang terlibat dalam dunia olahraga.

"Ini merupakan kolaborasi yang nyata, yang membuat kami sangat bangga, karena kami sudah mengerjakannya sejak begitu lama. Ini tak mudah. Bagi orang yang seperti kami, mengejar impian di dunia olahraga, punya partner seperti ini bisa membuat kami punya kekuatan menjalankan proyek, dan ini sangat penting," tutupnya.

Sumber: GPOne

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR