Virtual Grand Prix: Kini Tak Cuma MotoGP, Moto2 dan Moto3 Bakal Ikut

Anindhya Danartikanya | 24 April 2020, 08:02
MotoGP Virtual Race (c) MotoGP.com
MotoGP Virtual Race (c) MotoGP.com

Bola.net - Usai sukses dengan seri perdana dan kedua MotoGP Virtual Race, Dorna Sports mengumumkan bahwa gelaran tersebut akan menjadi Virtual Grand Prix, dan juga akan menggelar balapan virtual untuk Moto2 dan Moto3 mulai 3 Mei 2020 mendatang. Demikian yang diumumkan lewat situs resmi kejuaraan.

Sebelumnya, balapan ini hanya diikuti 10 pebalap MotoGP per seri. Namun mulai pekan depan, akan digelar tiga kelas balap, yakni MotoGP, Moto2, dan Moto3. Format ini diberlakukan sebagai aksi solidaritas dan bantuan kepada yayasan amal resmi MotoGP, Two Wheels for Life, dalam memberantas pandemi virus corona (Covid-19).

Pekan balap tersebut nantinya akan kembali disiarkan secara langsung pada 3 Mei, yakni tanggal asli dari penyelenggaraan MotoGP Jerez, Spanyol, yang kini telah ditunda. Pekan balap virtual kali ini juga akan menggunakan Sirkuit Jerez, dan dinamai Red Bull Virtual Grand Prix of Spain.

1 dari 3 halaman

Siapa Saja yang Bakal Ikut?

Tim-tim MotoGP bisa mengajukan satu wakil untuk turun balapan, kecuali Repsol Honda, yang bisa menurunkan dua wakil karena saat ini berstatus sebagai juara dunia. Alhasil, Marc Marquez dan Alex Marquez pun dipastikan kembali berpartisipasi dalam balapan nanti.

Di lain sisi, Moto2 dan Moto3 masing-masing akan diikuti oleh 10 rider, yang partisipasinya ditentukan berdasar urutan klasemen usai balapan Moto2 dan Moto3 Qatar pada 8 Maret lalu.

2 dari 3 halaman

Jadwal Balap dan Cara Menonton

Virtual Grand Prix akan digelar pada 20.00 WIB pada Minggu (3/5/2020), dimulai dengan sesi kualifikasi yang berdurasi lima menit. Setelahnya, para pebalap akan menjalani balapan dengan durasi lap yang disesuaikan dengan panjang Sirkuit Jerez.

Ketiga balapan Virtual Grand Prix bisa disaksikan secara langsung di beberapa stasiun TV di dunia yang terpilih, dan penggemar MotoGP di Indonesia bisa menyaksikannya lewat Trans TV dan Fox Sports Asia.

Tak hanya itu, balapan virtual ini juga bisa Anda saksikan secara langsung lewat Instagram, Twitter, Facebook, dan bahkan kanal YouTube resmi MotoGP dan MotoGP eSport.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR