BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Vinales: Sepang Uji Coba Terbaik Yamaha Sejak 2017

11-02-2019 10:35 | Anindhya Danartikanya

Maverick Vinales (c) Yamaha Maverick Vinales (c) Yamaha

Bola.net - Rider Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales sukses mengukuhkan diri sebagai salah satu rider paling mengancam di MotoGP 2019, usai mencatatkan waktu dan ritme balap yang menjanjikan dalam uji coba pramusim Malaysia di Sirkuit Sepang pekan lalu. Top Gun pun mengaku sangat termotivasi dan optimistis menghadapi musim baru.

Usai mencatatkan waktu tercepat ketiga dan pertama pada dua hari pertama uji coba, Vinales menduduki posisi kelima pada hari terakhir. Meski begitu, dengan 1 menit 1 menit 58,644 detik, ia menjadi salah satu dari enam rider yang berhasil mematahkan rekor lap Jorge Lorenzo yang dicetak dengan Ducati di uji coba musim lalu.

"Ritme balap kami tak buruk, begitu juga saat time attack. Maksud saya, 1 menit 58,6 detik di sini tak mudah. Lap yang lain juga menakjubkan, tapi catatan itu juga berhasil mematahkan rekor lap! Saat melakukannya, saya berkata 'Wow!', lalu saya kembali ke garasi dan ada di posisi empat. Saya berkata, 'Wah, oke! Pasang ban baru! Aku kembali ke trek!'" ungkapnya kepada Crash.net.

1 dari 2 halaman

YZR-M1 2019 Berbeda dengan 2018

Maverick Vinales (c) Yamaha Maverick Vinales (c) Yamaha

Konsistensi Vinales juga terbukti menjanjikan. Ia mencatat waktu 1 menit 59 detik dan 2 menit lebih banyak dibanding rider lain, dan simulasinya yang berjalan 19 lap juga dipenuhi catatan yang kompetitif. Meski begitu, hal yang paling membuatnya senang adalah kinerja manajemen Yamaha dalam uji coba kali ini. Menurutnya, masalah yang selama ini menghantui YZR-M1 mulai pudar.

"Di sini kami hanya punya satu mesin, jadi saya sangat fokus mencoba memperbaiki akselerasi, dan kami berhasil. Selama dua tahun terakhir, ini uji coba pertama di mana kami berhasil memperbaiki performa hari demi hari, dan ini sangat penting. Motor kami jadi tak mirip dengan tahun lalu, yang kadang bagus kadang buruk. Tapi dalam uji coba ini motor kami sangat baik," ujar juara dunia Moto3 2013 ini.

2 dari 2 halaman

Yamaha Lebih Siap

Vinales, yang kini didampingi oleh Esteban Garcia sebagai crew chief-nya, kini makin merasa nyaman dalam meningkatkan performa M1, dan bisa kembali berkendara dengan gaya balapnya sendiri. Ia pun menyebut Yamaha sudah jauh lebih siap menjalani musim baru, ketimbang selama dua tahun terakhir, di mana mereka sempat mengalami paceklik kemenangan selama 25 balapan.

"Motor kami sangat konstan, dan saya bisa berkendara dengan cara saya sendiri. Ini sangat penting. Saya merasa sangat nyaman, dan saya selalu mencoba ngotot di setiap lapnya. Ban depan juga bekerja sangat baik. Semua berjalan baik, meski dalam cuaca panas sekalipun, di mana saya cukup kelelahan. Secara umum ini uji coba yang sangat positif. Kami jauh lebih siap ketimbang tahun lalu, tapi jelas kami masih harus memperbaiki diri," tutupnya.

7 Pesepakbola Paling Cerdas

KOMENTAR