BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Video: Perubahan Tikungan 3 Red Bull Ring Usai Kecelakaan Morbidelli-Zarco

21-08-2020 15:03 | Anindhya Danartikanya

Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria (c) MotoGP.com Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria (c) MotoGP.com

Bola.net - FIM memberikan reaksi cepat dengan melakukan perubahan di area Tikungan 3 Sirkuit Red Bull Ring, usai insiden mengerikan antara Franco Morbidelli dan Johann Zarco terjadi dalam MotoGP Austria, Minggu (16/8/2020), yang nyaris mengancam nyawa Maverick Vinales dan Valentino Rossi.

Morbidelli dan Zarco tengah memperebutkan posisi 8 pada Lap 9 saat mereka melaju di Tikungan 2, yang bentuknya nyaris lurus, yang berarti mereka melaju dengan kecepatan 300 km/jam. Kedua motor mereka hancur lebur, dan mereka terjatuh keras di tanah. Beruntung, keduanya lolos dari cedera yang fatal.

Meski begitu, pemandangan yang paling mengerikan adalah ketika kedua motor mereka yang hancur melesat cepat ke arah Vinales dan Rossi, yang kala itu berada di depan mereka dan tengah membelok ke Tikungan 3 tajam dan menanjak ke kanan. Untungnya lagi, mereka juga lolos dari cedera, meski sempat mengalami syok.

1 dari 3 halaman

Tambahkan Pagar Pembatas

Area Tikungan 2 dan 3 memang sudah sejak lama dikritik oleh para pembalap, yakni saat Red Bull Ring kembali menjamu MotoGP pada 2016. Meski mengakui area tersebut cukup teknikal, para rider tak memungkiri area ini sangat berbahaya. Para rider merasa masukan mereka tak cukup didengarkan.

Pada Rabu (19/8/2020), FIM pun melakukan perubahan kecil di Tikungan 3 untuk merespons insiden antara Morbidelli dan Zarco. Mereka menambahkan pagar pembatas ban dan pagar udara pada area run off di sebelah kanan. Berikut video perubahan yang dirilis lewat Twitter MotoGP, Jumat (21/8/2020).

2 dari 3 halaman

Para Pembalap Masih Ragu

Pagar pembatas ini pun ditambahkan demi menahan motor yang terjatuh di area yang sama untuk tak 'menyeberangi' trek di Tikungan 3. Meski begitu, para rider MotoGP masih yakin bahwa langkah ini tak solutif dan tak mengurangi level bahaya yang bisa mereka hadapi di area tersebut.

Salah satu rider yang paling vokal mewakili keresahan para pembalap adalah rider LCR Honda Castrol, Cal Crutchlow. "Memang lebih aman ketimbang akhir pekan lalu, karena tadinya tak ada pembatas di sana, dan kini mereka memperpanjang pagarnya sebisa mungkin demi pekan balap kali ini," ujarnya via Crash.net.

"Tapi saya masih yakin tikungan itu masih harus diubah. Tapi mereka takkan bisa melakukannya dalam sepekan, kan?" pungkas rider asal Inggris berusia 35 tahun ini.

3 dari 3 halaman

Video: Andrea Dovizioso Menangi MotoGP Austria yang Tak Terlupakan

KOMENTAR