BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Verstappen vs Hamilton: Trivia Unik Jelang Penentuan Juara 2021 di Formula 1 GP Abu Dhabi

08-12-2021 12:00 | Anindhya Danartikanya

Max Verstappen dan Lewis Hamilton (c) AP Photo
Max Verstappen dan Lewis Hamilton (c) AP Photo

Bola.net - Usai balapan yang penuh drama di Sirkuit Jeddah, Arab Saudi, pada Minggu (5/12/2021) lalu, Formula 1 akan menjalani seri penutup di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, 10-12 Desember. Pekan balap di sana dijamin seru dan menegangkan karena akan terjadi penentuan juara.

Dalam balapan di Jeddah, Lewis Hamilton finis sebagai pemenang dan meraih lap tercepat, sementara Max Verstappen finis kedua. Dengan begitu, keduanya sama-sama menuju seri pemungkas dengan jumlah poin yang sama persis, yakni 369,5 poin.

Hal ini pun memunculkan catatan-catatan dan fakta-fakta unik menjelang penentuan juara di Abu Dhabi, karena Verstappen dan Hamilton sama-sama akan menggores sejarah baru jika berhasil keluar sebagai juara dunia F1 2021.

Apa saja sih catatan-catatan tersebut? Berikut ulasannya seperti yang dilansir dari Crash.net pada Selasa (7/12/2021).

1 dari 5 halaman

Kedua Kalinya dalam Sejarah F1

Lewis Hamilton dan Max Verstappen (c) AP Photo
Lewis Hamilton dan Max Verstappen (c) AP Photo

1) Meski jumlah poinnya dengan Hamilton sama, Verstappen saat ini berada di puncak klasemen karena mengoleksi sembilan kemenangan, satu lebih banyak dari Hamilton.

2) Ada 26 poin maksimal yang bisa diperoleh Verstappen dan Hamilton di Abu Dhabi, dengan rincian 25 poin dari kemenangan dalam sesi balap dan 1 poin dari lap tercepat.

3) Ini pertama kalinya gelar dunia F1 ditentukan di seri penutup sejak 2016. Kala itu, Nico Robserg merebut gelar dunia, mengalahkan Hamilton yang juga merupakan tandemnya di Mercedes AMG Petronas.

4) Dalam sejarah F1, ini ada kedua kalinya juara ditentukan di seri penutup dengan kedua kandidat mengoleksi poin setara. Yang pertama terjadi pada 1974, ketika Emerson Fittipaldi dan Clay Regazzoni mengantongi 52 poin jelang GP Amerika Serikat. Fittipaldi jadi juara usai finis keempat, sementara Regazzoni finis ke-11.

2 dari 5 halaman

Peluang Rekor Verstappen dan Hamilton

5) Jika Verstappen keluar sebagai juara dunia di Abu Dhabi, maka ia akan menjadi pembalap Belanda pertama yang mampu merebut gelar dunia dalam sejarah F1.

6) Verstappen juga berpotensi menjadi pembalap non-Mercedes pertama yang merebut gelar sejak 2013. Selain itu, ia juga bisa jadi pembalap Red Bull Racing pertama yang merebut gelar sejak Sebastian Vettel, juga pada 2013.

7) Jika Hamilton keluar sebagai juara, maka ia akan menambah koleksi gelarnya menjadi delapan. Dengan begitu, ia bisa menyematkan status pembalap F1 terbaik sepanjang masa, mengalahkan rekor Michael Schumacher yang meraih tujuh gelar.

3 dari 5 halaman

Skenario Penguncian Gelar Dunia

Lewis Hamilton dan Max Verstappen (c) AP Photo
Lewis Hamilton dan Max Verstappen (c) AP Photo

8) Siapa pun yang menang, atau finis di depan kandidat juara yang satunya, akan keluar sebagai juara dunia usai balapan di Abu Dhabi.

9) Bonus poin dari lap tercepat takkan memengaruhi siapa yang akan jadi juara, kecuali jika Hamilton finis kesembilan, sementara Verstappen finis ke-10 sekaligus mencatat lap tercepat.

10) Ini satu-satunya skenario di mana seorang pembalap bisa merebut gelar dengan finis di belakang kandidat juara yang satunya ketika keduanya sama-sama finis di posisi 10 besar.

11) Pasalnya, Verstappen akan tetap unggul di klasemen sekalipun jumlah poinnya dengan Hamilton setara, karena ia memiliki jumlah kemenangan (9) lebih banyak daripada Hamilton (8).

4 dari 5 halaman

Perebutan Gelar Dunia Konstruktor

12) Tak hanya memperebutkan gelar dunia pembalap, Mercedes dan Red Bull juga memperebutkan gelar dunia konstruktor. Saat ini Mercedes unggul 28 poin dari Red Bull.

13) Dengan 44 poin maksimal yang tersedia, maka Mercedes berpotensi menyabet gelar dunia konstruktor kedelapan secara beruntun, asal Hamilton dan Valtteri Bottas mengawinkan setidaknya 17 poin di Abu Dhabi.

14) Untuk menjegal langkah Mercedes, Red Bull harus finis di posisi 1-2 lewat Verstappen dan Sergio Perez. Sebagai catatan, hanya satu tim yang pernah finis di posisi 1-2 musim ini, yakni McLaren F1 Team, lewat Daniel Ricciardo dan Lando Norris dalam F1 GP Italia di Monza.

5 dari 5 halaman

Jadwal dan Tautan Streaming Formula 1 2021 di Vidio

Max Verstappen dan Lewis Hamilton (c) AP Photo
Max Verstappen dan Lewis Hamilton (c) AP Photo

F1 GP Abu Dhabi akan digelar di Sirkuit Yas Marina pada 10-12 Desember 2021. Berikut tautan live streaming Formula 1 2021 di Vidio: https://www.vidio.com/live/7953-champions-tv-4

OTT layanan Vidio resmi menjadi layanan siaran langsung pekan balap Formula 1 2021. Jangan lupa untuk menyaksikan aksi para pembalap kesayangan Anda. Unduh segera aplikasi Vidio di smartphone atau smart tv melalui Playstore atau Appstore.

PERHATIAN: Jadwal siaran langsung bisa berubah sewaktu-waktu. Tunggu informasi berikutnya atau cek secara berkala website resmi Vidio.com.

Sumber: Crashnet

KOMENTAR