BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Valentino Rossi: Yamaha Gila Jika Tak Pertahankan Quartararo

08-10-2019 09:05 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo (c) SRT Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo (c) SRT

Bola.net - Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, meyakini bahwa pabrikan Garpu Tala akan menghalalkan segala cara demi mempertahankan rider Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo di MotoGP 2021 mendatang, bahkan mungkin meletakkannya di tim pabrikan.

Disebut sebagai 'The Next Marc Marquez' sejak belia karena menjuarai CEV Moto3 2013-2014, El Diablo terbebani oleh status ini. Ditambah lingkungan yang tak mendukung, ia jadi hilang arah dan sulit meraih hasil baik, sampai akhirnya membela Speed Up Racing di Moto2 pada 2017-2018.

Performanya yang gemilang di Moto2 ternyata menarik perhatian Petronas Yamaha SRT. Atas persetujuan Yamaha Motor Racing, tim asal Malaysia itu pun akhirnya menurunkannya di MotoGP. Sebagai debutan, Quartararo pun langsung menggebrak.

1 dari 2 halaman

Quartararo Lakukan Hal Spesial

Valentino Rossi dan Fabio Quartararo (c) MotoGP.com Valentino Rossi dan Fabio Quartararo (c) MotoGP.com

Sejauh ini, ia sangat konsisten bertarung di papan atas meski mengendarai YZR-M1 non-pabrikan. Ia telah mengoleksi 5 podium dan 4 pole, dan dua kali memimpin sepanjang balapan sebelum tersalip oleh Marc Marquez pada lap terakhir.

Rossi sendiri telah memprediksi Quartararo akan menjadi salah satu bintang MotoGP masa depan, namun tak mengira ia akan langsung tampil mengejutkan pada musim perdananya, apalagi sering mengasapi para rider tim pabrikan.

"Saya yakin Fabio bisa sangat cepat, karena ia memang selalu cepat sejak ia masih anak-anak, tapi tak ada yang mengira ia bakal sekuat ini. Ia melakukan hal spesial, dan tahun depan semua orang akan coba menggaetnya. Jelas Yamaha juga menginginkannya untuk 2020, jika mereka tidak gila!" ujar Rossi via Motorsport.com.

2 dari 2 halaman

Gaya Balapnya Cocok dengan Yamaha

Quartararo bahkan sukses 'mempermalukan' tandemnya yang juga juara dunia Moto2 2017, Franco Morbidelli, yang musim ini justru mendapatkan motor YZR-M1 spek pabrikan persis seperti milik Rossi dan Maverick Vinales. Atas alasan ini, Rossi yakin bahwa Quartararo memang rider yang sangat cocok dengan Yamaha.

"Fabio sangat cepat, ia sangat kuat, dan tak melakukan kesalahan. Ia mengendarai Yamaha dengan sangat baik karena gaya balapnya sangat halus, dan saya rasa ia juga sangat kuat pada pengereman, karena ia juga mampu mengerem dengan sangat baik," pungkas Rossi.

Saat ini, Quartararo tengah berada di peringkat ketujuh pada klasemen pebalap MotoGP dengan koleksi 143 poin, hanya tertinggal dua poin dari Rossi sendiri, yang ada di peringkat keenam.

Sumber: Motorsport.com

KOMENTAR