BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Valentino Rossi Ungkap 3 Momen Paling Berkesan dari 199 Podiumnya

07-08-2020 09:29 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (c) Yamaha Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (c) Yamaha

Bola.net - Usai finis ketiga dan naik podium di MotoGP Andalusia yang digelar di Sirkuit Jerez pada Minggu (26/7/2020) lalu, Valentino Rossi resmi menambah pundi-pundi podiumnya di kelas tertinggi (GP500/MotoGP) menjadi 199. Satu podium lagi, ia pun akan mengoleksi 200.

Pembalap Monster Energy Yamaha ini pun mengaku sangat bangga bisa mengoleksi trofi sebanyak itu di kelas para raja. Dalam wawancaranya dengan MotoGP.com di Brno, Ceko, Kamis (6/8/2020), Rossi pun mengungkapkan tiga podium yang paling berkesan baginya.

Tiga podium tersebut seluruhnya merupakan kemenangan MotoGP, yakni di Welkom, Afrika Selatan pada 2004, yakni kemenangan perdananya dengan Yamaha; Laguna Seca, Amerika Serikat pada 2008 saat ia membekuk Casey Stoner; dan Catalunya, Spanyol pada 2009 saat ia membekuk Jorge Lorenzo di tikungan terakhir.

1 dari 3 halaman

Podium di Andalusia Usai Penantian Panjang

"199 adalah jumlah yang banyak dan saya bangga. Saya rasa podium terbaik dalam karier saya sampai saat ini masih Welkom 2004 atau Barcelona 2009 atau Laguna Seca 2008. Itulah kemenangan dan podium yang paling penting bagi saya," ungkap sembilan kali juara dunia ini.

Usai balapan di Andalusia, Rossi pun menyatakan bahwa podium yang ia rebut memang tak terasa seperti kemenangan, namun rasanya mirip. Hal ini pun tak terlepas dari fakta bahwa podium itu adalah yang pertama sejak MotoGP Austin, Texas, pada April 2019 lalu.

"Podium di Andalusia terasa menyenangkan karena datang setelah penantian panjang, usai periode buruk, apalagi pada balapan pertama saya tak terlalu kuat. Kemudian, kami mengubah sesuatu, dan pekan balap berjalan dengan baik. Di Brno, kami akan berusaha memahami apakah kami bisa tampil kompetitif," ujarnya.

2 dari 3 halaman

Bikin Suasana Hati Lebih Positif

Rossi sendiri belum menang lagi sejak MotoGP Assen, Belanda, pada 2017 lalu. Meski bukan kemenangan, podium di Andalusia pun diyakini Rossi tetap punya arti penting, karena membuatnya mendapatkan motivasi lebih tinggi dalam menjalani balapan berikutnya di Brno.

"Ketika Anda naik podium, tentu rasanya tak seperti kemenangan, karena kemenangan menyajikan sensasi berbeda. Tapi podium mengubah hidup Anda selama 10 hari ke depan, karena rasanya seperti pesta, Anda bisa merayakannya dengan tim, dan suasana hati Anda menuju balapan berikutnya juga lebih baik," pungkasnya.

Menjelang pekan balap di Brno, Rossi tengah duduk di peringkat keenam pada klasemen pembalap dengan koleksi 16 poin.

3 dari 3 halaman

Video: MotoGP 2020 Takkan Mampir Negara Non-Eropa

KOMENTAR