BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Valentino Rossi Tolak Jajal Mobil F1 Jika Hanya Uji Coba Ecek-Ecek

03-01-2020 14:55 | Anindhya Danartikanya

Valentino Rossi saat menjajal mobil F1 W08 milik Lewis Hamilton. (c) Yamaha Valentino Rossi saat menjajal mobil F1 W08 milik Lewis Hamilton. (c) Yamaha

Bola.net - Pebalap Monster Energy Yamaha MotoGP, Valentino Rossi, mengaku punya syarat penting sebelum menyetujui ide Monster Energy untuk menggelar '#LH44VR46', event di mana ia dan pebalap Mercedes AMG Petronas Formula 1, Lewis Hamilton, bertukar kendaraan di Valencia, Spanyol, pada 9 Desember lalu.

Gagasan itu sejatinya sudah dimiliki Rossi dan Hamilton sejak lama, namun usai keduanya mendesak tim masing-masing, Monster Energy sebagai sponsor kedua tim akhirnya mewujudkan impian mereka. Meski begitu, Rossi mengaku ogah melakukan sesi yang 'ecek-ecek'.

"Saya senang dapat kesempatan itu. Saat ide itu muncul, saya bilang, 'Menyenangkan, bakal keren'. Tapi dalam event-event seperti itu, selalu ada risiko buang-buang waktu: hanya menjalani 20 lap, lalu menjalani empat jam untuk pemotretan," ujarnya via La Gazzetta dello Sport.

1 dari 2 halaman

Minta Uji Coba Seperti Ferrari

Valentino Rossi dan Lewis Hamilton (c) Yamaha Valentino Rossi dan Lewis Hamilton (c) Yamaha

The Doctor pun meminta uji coba sungguhan, seperti saat ia menjalani beberapa uji coba serius bersama Scuderia Ferrari pada 2004-2006. Sesuai harapan Rossi, Monster Energy mewujudkannya. Jika ditambah sesi Hamilton mengendarai YZR-M1, event ini bahkan berlangsung selama 8 jam.

"Saya bilang pada mereka, 'Oke, aku akan datang, teman-teman. Tapi aku hanya mau event seharian yang sungguhan, seperti dengan Ferrari. Sebuah uji coba, menjalani 70-80 lap, baru keluar mobil saat hari memang sudah berakhir'. Jadi begitulah kejadiannya," ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Catatan Waktu Menjanjikan

Rossi bahkan mendapat kesempatan menjalani latihan di simulator Mercedes yang ada di Brackley, Inggris, sebelum benar-benar turun di Valencia. Meski mengendarai mobil W08, yakni mobil versi 2017, catatan Rossi tak terlalu buruk jika dibandingkan catatan Hamilton.

"Catatan waktu tercepat saya 1 menit 13 detik, sementara Lewis mencetak 1 menit 11,7 detik pada pagi hari namun hanya menjalani lima lap. Itu adalah uji coba sungguhan. Saya kerja dengan timnya, dan ia sangat membantu saya. Untuk lebih cepat, saya butuh waktu untuk belajar. Tapi semua sungguh sepadan," pungkas Rossi.

Rossi akan kembali mengendarai motor YZR-M1 miliknya dalam uji coba pramusim MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang pada 7-9 Februari mendatang.

KOMENTAR