BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Valentino Rossi Tetap Balapan, Yamaha: Memang Tak Seharusnya Pensiun Sekarang

26-09-2020 17:54 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (c) Yamaha Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (c) Yamaha

Bola.net - Managing Director Yamaha Motor Racing (YMR), Lin Jarvis, mengaku sangat lega pihaknya bisa secara publik dan resmi mengumumkan bergabungnya Valentino Rossi dengan Petronas Yamaha SRT di MotoGP 2021, usai proses negosiasi yang alot dan rumit selama berbulan-bulan. Hal ini ia sampaikan via rilis resmi YMR, Sabtu (26/9/2020).

Sejak akhir Januari, posisi Rossi di Monster Energy Yamaha memang telah dinyatakan bakal diambil alih oleh Fabio Quartararo. Meski telah berusia 41 tahun, rider Italia ini pun mengaku belum mau pensiun dan masih ingin balapan setidaknya satu musim lagi.

Mengingat ia merupakan ikon Yamaha dan tak ingin hengkang ke pabrikan lain, Rossi pun sejak awal memburu tempat di SRT. Namun, negosiasi sempat berjalan alot dan butuh waktu lama karena begitu banyak detail yang harus disepakati oleh Rossi, Yamaha, dan SRT.

1 dari 3 halaman

Setim dengan Franco Morbidelli

Meski akan membela SRT, kontrak Rossi dipastikan tetap terikat langsung dengan Yamaha, yang berarti ia mendapatkan gaji langsung dari pabrikan Garpu Tala, dan mendapatkan dukungan teknis yang kurang lebih setara dengan Quartararo dan Maverick Vinales di tim pabrikan.

Rossi juga dipastikan bakal bertandem dengan anak didiknya dari VR46 Riders Academy, Franco Morbidelli, yang sudah lebih dulu dipastikan bertahan di SRT pada pertengahan Juli lalu. Kontrak Rossi hanya berdurasi satu tahun, namun belum dipastikan apakah ini berarti ia akan pensiun pada 2022.

Rossi juga dipastikan hanya akan membawa David Munoz (crew chief), Matteo Flagmini (teknisi data), dan Idalio Gavira (pelatih balap). Dua mekanik yang setia, Alex Briggs dan Brent Stephens, dipastikan takkan ikut pindah. Namun, belum diketahui bagaimana masa depan dua mekanik lainnya, Bernard Ansiau dan Mark Elder.

Berikut pernyataan resmi Lin Jarvis.

2 dari 3 halaman

Pernyataan Resmi Lin Jarvis

Valentino Rossi dan Lin Jarvis (c) AFP Valentino Rossi dan Lin Jarvis (c) AFP

"Kami sangat senang Vale akan bertahan di MotoGP setahun lagi, dan kami yakin penggemar balap merasakan hal yang sama. Sebagian besar penggemar MotoGP telah tumbuh dewasa dengan Vale dan mengikuti kiprahnya sepanjang karier. Musim ini adalah musim terakhirnya di Factory Yamaha Team dan musimnya yang ke-25 di kejuaraan dunia Grand Prix motor, serta tahunnya yang ke-15 bersama Yamaha.

"Sejak awal, kami telah meyakinkan Vale bahwa, jika ia mau bertahan di MotoGP pada 2021, Yamaha akan tetap memberinya dukungan penuh dan YZR-M1 spek pabrikan. Pada akhirnya, inilah keputusan yang ia ambil.

"Sebelumnya saya sudah menyatakan bahwa Covid-19 yang memengaruhi MotoGP, tak seharusnya mengacaukan cara seorang rider legenda dalam mengakhiri kariernya. Vale sangatlah populer di kalangan penggemar di seluruh dunia, jadi menyenangkan ia akhirnya memutuskan untuk lanjut setidaknya semusim lagi. Semoga para penggemar bisa kembali ke trek tahun depan demi melihat Sang Terbaik Sepanjang Masa beraksi kembali.

"Saya berterima kasih pada manajemen Petronas Yamaha Sepang Racing Team atas antusiasme dan kolaborasi penuh mereka dalam menyambut kedatangan Vale ke tim mereka. Mereka tim yang cukup 'muda', tapi mereka sangat profesional dan kandidat serius dalam memenangi balapan dan bertarung di peringkat atas klasemen, jadi kami yakin Vale bakal nyaman dan bisa tampil di level terbaiknya."

Sumber: Yamaha Motor Racing

3 dari 3 halaman

Video: Maverick Vinales Juarai MotoGP Emilia Romagna 2020

KOMENTAR