Valentino Rossi Tegas Tetap Latihan Bareng VR46 Riders Academy Usai Pensiun

Anindhya Danartikanya | 2 November 2021, 12:51
Valentino Rossi Tegas Tetap Latihan Bareng VR46 Riders Academy Usai Pensiun
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) Yamaha MotoGP

Bola.net - Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi, mengaku dirinya akan tetap menjalani rutinitas latihan motor usai pensiun dari MotoGP nanti. Kepada Corsedimoto pada Senin (1/11/2021), The Doctor menyatakan bahkan ia masih akan jadi penentu program latihan untuk VR46 Riders Academy.

Rossi yang kini berusia 42 tahun, memang telah resmi memutuskan gantung helm akhir musim nanti, usai 26 tahun berlaga di Grand Prix motor dunia. Ia sendiri mengaku sedih kariernya harus berakhir, karena dirinya sangat sulit berjauhan dengan motor, terutama motor-motor MotoGP.

Meski begitu, sang sembilan kali juara dunia ini menyatakan akan tetap berlatih motor usai pensiun nanti, walau telah memastikan dirinya akan banting setir ke balap mobil, terutama di ajang-ajang balap ketahanan seperti 24 Hours of Le Mans.

1 dari 2 halaman

Bakal Rindu MotoGP, Tolak Jadi Test Rider

VR46 Riders Academy (c) Twitter/VR46 Riders Academy

VR46 Riders Academy (c) Twitter/VR46 Riders Academy

"Saya akan terus berlatih dengan motor dua kali sepekan. Faktanya, tetap saya yang akan memutuskan apa yang harus dilakukan dengan anak-anak di akademi. Saya akan terus mengendarai motor, dan ini takkan berubah," ungkap Rossi, yang membentuk VR46 Riders Academy pada 2013 lalu.

Rossi pun menyatakan, berlatih motor flat track, motocross, minibike, atau superbike bisa membantunya mengalihkan pikiran dari kesedihan tak lagi bisa balapan di MotoGP. Di lain sisi, ia tegas menolak untuk menjadi test rider, meski tak menutup kemungkinan menerima tawaran untuk mengendarai motor-motor anyar.

"Bakal penting melihat seberapa rindunya saya pada MotoGP nanti. Tapi saya takkan jadi test rider, karena uji coba adalah sesi paling membosankan dan melelahkan di balap motor. Namun, cepat atau lambat saya pasti akan rindu pada MotoGP dan mungkin akan menjajal beberapa motor baru," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Ucapan Terima Kasih kepada Penggemar

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) AP Photo

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) AP Photo

Kini Rossi tinggal menjalani dua balapan di MotoGP. Ia bersyukur bisa meraih prestasi mentereng, termasuk 9 gelar dunia, 235 podium, dan 115 kemenangan. Ia juga tak lupa berterima kasih kepada para penggemarnya, baik yang dari Italia maupun dari negara-negara lain, atas dukungan yang tak henti-henti sejak awal kariernya.

"Saya punya sejarah yang sangat panjang, menjalani lebih dari 400 balapan, dan saya ingin berterima kasih kepada semua orang. Saya dapat banyak dukungan, terutama dari Italia, namun juga dari seluruh penjuru bumi. Saya sedih petualangan ini harus berakhir, namun ini petualangan yang positif, dan kami selalu bersenang-senang," tutupnya.

Rossi akan kembali turun lintasan dalam MotoGP Algarve yang bakal digelar di Sirkuit Portimao, Portugal, pada 5-7 November, yang akan dilanjutkan dengan MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol pada 12-14 November mendatang.

Sumber: Corsedimoto

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR