BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Valentino Rossi: Tantang Rider Muda Takkan Mudah, Tapi Saya Mau Coba

01-12-2020 12:45 | Anindhya Danartikanya

Franco Morbidelli, Valentino Rossi, dan Francesco Bagnaia (c) Facebook/VR46 Riders Academy Franco Morbidelli, Valentino Rossi, dan Francesco Bagnaia (c) Facebook/VR46 Riders Academy

Bola.net - Rider anyar Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi, sedih mendapati fakta bahwa rider tertua kedua setelahnya di MotoGP 2021 nanti berusia 10 tahun lebih muda darinya, yakni Aleix Espargaro. Meski begitu, via Speedweek pada Senin (30/11/2020), ia yakin usia bukan patokan penting dalam mengukur seberapa tingginya performa pembalap.

Usai Colin Edwards pensiun pada akhir 2014, Rossi memang menjadi rider MotoGP tertua di grid. Tahun depan, ia akan berusia 42 tahun, dan ia akan tinggalkan dua rider yang jarak usianya tak terlalu jauh darinya, yakni Cal Crutchlow dan Andrea Dovizioso, yang masing-masing memutuskan pensiun dan vakum dari kompetisi.

Rossi pun makin sedih jika mengingat dirinya punya hubungan baik dengan kedua rider ini, dan kerap menjalani pertarungan-pertarungan hebat di lintasan. Mereka juga kerap berbagi tempat di podium. Di lain sisi, sembilan kali juara dunia ini sadar betul memang ada tengah pergeseran generasi di MotoGP.

1 dari 3 halaman

Ada Perubahan Generasi yang Makin Kuat

"Akhir karier adalah hal yang tidak saya suka, jika boleh jujur. Cal tadinya rider superbike, tapi kemudian ia menjalani karier luar biasa di MotoGP. Saya punya banyak kenangan seru dengannya, kami bertarung di banyak balapan. Saya ingat Brno 2016 dalam kondisi hujan, ia menang dan saya finis kedua," tutur Rossi.

"Saya sudah lama kenal Dovi. Kami jadi rival sejak di minibike. Kami juga kerap menjalani duel hebat, seperti di Malaysia 2016, saat ia menang usai kami bertarung sengit. Sayang, dua rider ini meninggalkan saya. Margin saya dengan rider lain makin lebar. Ada perubahan generasi yang kuat, dan banyak rider jauh lebih cepat," lanjutnya.

Uniknya, Rossi juga akan menjadi rider paling sukses dan berpengalaman di grid MotoGP 2021. Selain punya sembilan gelar, ia punya 235 podium yang 115 di antaranya merupakan kemenangan. Tahun depan pun akan jadi musimnya yang ke-26 di ajang Grand Prix.

2 dari 3 halaman

Meski Tertua, Senang Tetap Bisa Balapan

Namun, Rossi yakin usia bukan faktor penentu krusial soal tinggi rendahnya level performa rider. Atas alasan ini, ia tertantang melawan rider muda. "Saya lebih tua dari Dovi, Dani, dan Jorge, karena mereka generasi yang lebih muda. Tapi saya yakin tiap orang punya kisah sendiri, punya motivasi dan hasrat masing-masing," ujarnya.

"Usia hanya satu faktor, tapi bukan satu-satunya. Ada banyak hal lain yang bisa jadi pertimbangan. Saya senang bisa tetap balapan. Semoga kami bisa kompetitif, walau rider-rider muda ini makin kuat. Ini tantangan besar, tapi saya ingin coba," pungkas pembalap asal Tavullia, Italia, ini.

Tahun 2021 juga akan menandai momen perdana Rossi membela sebuah tim satelit sejak ia membela Nastro Azzurro Honda di GP500 pada 2000 dan 2001. Sama seperti dulu, Rossi akan tetap mendapatkan kontrak dan paket motor spek pabrikan di Petronas Yamaha SRT.

Sumber: Speedweek

3 dari 3 halaman

Video: Aron Canet Lolos dari Maut Saat Terjatuh di Moto2 Portugal 2020

KOMENTAR