BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Valentino Rossi: Saya Pensiun Kalau Musim Ini Gagal Podium atau Menang

04-03-2021 08:56 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) Petronas SRT Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) Petronas SRT

Bola.net - Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi, tampaknya makin menyadari bahwa masa pensiunnya dari MotoGP memang sudah dekat. Lewat Crash.net pada Rabu (3/3/2021), Rossi mengaku akan cenderung memutuskan gantung helm jika musim ini gagal tampil kompetitif dalam perebutan podium dan kemenangan.

Seperti diketahui, pada 16 Februari lalu, Rossi telah menginjak usia 42 tahun. Saat ini, ia juga hanya punya kontrak satu musim dengan Yamaha, dan diletakkan di tim satelit, walau dipastikan tetap mendapatkan YZR-M1 spek pabrikan yang disertai dukungan teknis terbaik seperti halnya saat ia masih di tim utama.

SRT sendiri mengaku akan terbuka pada opsi kembali menaungi Rossi pada 2022, namun mereka menegaskan bahwa evaluasi performanya harus dilakukan secara mendalam. The Doctor pun sepakat dengan keinginan mereka, dan kelanjutan kariernya musim depan akan ditentukan oleh hasil balap pada paruh pertama musim ini.

1 dari 3 halaman

Bukan Keputusan Mudah

"Saya akan putuskan pada jeda musim panas. Jadi, pada pertengahan musim nanti. Saya ingin menjalani paruh pertama musim ini dulu, dan keputusan akan saya ambil berdasar hasil balap. Jika kuat dan bisa memperebutkan podium dan kemenangan, saya bisa lanjut setahun lagi. Jika tidak, maka saya takkan lanjut," ujar Rossi.

Musim lalu, pembalap asal Italia ini diketahui naik podium di Seri Andalusia, dan sempat ikut sengit memperebutkan posisi di papan atas di Misano dan Catalunya. Namun, ia belum pernah menang lagi sejak MotoGP Belanda 2017. Puasa kemenangan inilah yang ingin segera diakhirinya.

"Ini bukan keputusan yang mudah, namun jelas segalanya sangat tergantung pada hasil. Jika saya bisa kompetitif, jika saya bisa ikut memperebutkan podium, bisa ikut memperebutkan kemenangan, saya bisa balapan semusim lagi. Inilah ide saya," ungkap kakak dari rider Esponsorama Racing, Luca Marini, ini.

2 dari 3 halaman

Bakal Banting Setir ke Ajang Balap Mobil

Meski begitu, Rossi mengaku belum bicara baik dengan SRT maupun Yamaha. "Saya belum bicara dengan mereka. Mungkin mereka akan bilang bahwa saya tak punya suara untuk memutuskan!" ujarnya sembari tertawa. "Tapi ya, hidup saya nanti bakal berubah drastis ketika pensiun, namun saya tak kelewat cemas. Saya tahu saya punya karier yang panjang dan saya bahagia."

Rossi juga menyatakan bahwa kondisi fisiknya sama sekali bukan kendala. Jadi, keputusannya untuk melanjutkan karier di MotoGP pada 2022 murni tergantung hasil balapnya. Di lain sisi, andai memang harus gantung helm akhir musim nanti, ia menegaskan dirinya akan banting setir sepenuhnya ke ajang balap mobil.

"Soal kondisi fisik, saya masih bisa menjalani semusim lagi, tapi semua tetap tergantung hasil. Selain itu, saat akhirnya pensiun usai 26 tahun menjalani kehidupan ini, sesuatu pasti akan berubah. Namun, saya akan tetap jadi pembalap dan berkompetisi dengan mobil. Jadi, mungkin ini yang akan berubah, tapi semoga tak drastis!" tutupnya.

Sumber: Crashnet

3 dari 3 halaman

Video: Kabar Terkini Pengerjaan Sirkuit Mandalika untuk MotoGP Indonesia

KOMENTAR