BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Valentino Rossi: Saya dan Franco Morbidelli Bentuk Duet Menarik

01-03-2021 18:12 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) Petronas SRT
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) Petronas SRT

Bola.net - Valentino Rossi sangat senang dan bersemangat bisa bertandem dengan anak didiknya di VR46 Riders Academy, Franco Morbidelli, di Petronas Yamaha SRT MotoGP 2021. Lewat video presentasi tim di YouTube, Senin (1/3/2021), Rossi mengaku yakin mereka duet yang menarik.

Morbidelli diketahui telah mengenal Rossi sejak 2010, yakni saat ia masih berusia 15 tahun, lewat masing-masing ayah yang bersahabat. Sejak itu pula, Morbidelli pindah ke Tavullia, Italia, demi jadi partner latihan Rossi dan mendiang Marco Simoncelli.

Usai Simoncelli meninggal dunia akibat kecelakaan di MotoGP Malaysia 2011, Rossi termotivasi untuk membentuk akademi balap, dan dibentuklah VR46 Riders Academy pada akhir 2013. Morbidelli pun menjadi anggota perdana akademi tersebut, yang kini sudah berisi delapan pembalap.

1 dari 3 halaman

Siap Saling Tantang di Tim yang Sama

Valentino Rossi dan Franco Morbidelli (c) Petronas Yamaha SRT
Valentino Rossi dan Franco Morbidelli (c) Petronas Yamaha SRT

Morbidelli juga merupakan anggota VR46 Riders Academy yang kiprahnya paling mentereng walau tak pernah turun di Moto3. Ia rider pertama yang mampu mempersembahkan gelar dunia kepada VR46 di Moto2 2017, dan rider VR46 pertama yang turun di MotoGP.

Rossi, dengan sembilan gelar dunia dan ratusan podium serta puluhan kemenangan bersama Yamaha, kini pun beradu di garasi yang sama dengan muridnya tersebut, yang musim lalu menggebrak dengan lima podium, tiga kemenangan, dan mengakhiri musim sebagai runner up.

"Saya rasa, saya dan Franco adalah tandem yang menarik. Kami punya hubungan yang sangat baik. Kami mengenal satu sama lain dengan sangat baik. Kami sudah sering menantang satu sama lain dengan berbagai motor berbeda, dan tahun ini kami akan mencobanya dengan MotoGP," ungkap Rossi.

2 dari 3 halaman

Bangga Bela Petronas Yamaha SRT

Rossi juga mengaku sangat bangga bisa membela Petronas Yamaha SRT. Pasalnya, meski baru dibentuk dan turun di MotoGP pada 2019, tim asal Malaysia ini sudah dapat cap sebagai salah satu tim paling menakutkan. Selain itu, meski berstatus sebagai tim satelit, tim ini juga sama profesionalnya seperti sebuah tim pabrikan.

"Saya sangat bangga bisa membela Petronas Yamaha Sepang Racing Team. Ini tantangan baru bagi saya. Ini adalah tim yang masih sangat muda, namun selama dua musim terakhir mereka sangat kompetitif. Motor M1 saya bakal sama (seperti tahun lalu), dan saya rasa musim ini bakal menyenangkan," pungkasnya.

Rossi dan Morbidelli akan kembali turun lintasan dalam uji coba pramusim di Sirkuit Losail, Qatar, pada 6-7 dan 10-12 Maret, yang bakal dilanjutkan dengan dua pekan balap beruntun di trek yang sama pada 26-28 Maret dan 2-4 April mendatang.

Sumber: Petronas Yamaha SRT

3 dari 3 halaman

Video: 5 Pembalap Hebat WorldSBK yang Tak Sukses di MotoGP

KOMENTAR