BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

'Valentino Rossi Punya Karier Panjang Berkat Dipandang Bagai Dewa'

03-08-2021 10:05 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Petronas Yamaha SRT (c) Petronas SRT
Pembalap Petronas Yamaha SRT (c) Petronas SRT

Bola.net - Eks Team Principal Repsol Honda, Livio Suppo, meyakini bahwa Valentino Rossi bisa saja tetap balapan di MotoGP 2022 mendatang. Pasalnya, menurut Suppo, sembilan kali juara dunia itu memiliki sekelompok orang terdekat yang sangat solid mendukung dan menyemangatinya untuk tetap berlaga. Hal ini ia nyatakan via Paddock TV.

Rossi kini telah berusia 42 tahun dan tengah membela Petronas Yamaha SRT. Sayang, dalam sembilan seri pertama, ia baru sekali masuk 10 besar dan sudah lima kali tak meraih poin, yang tiga di antaranya akibat gagal finis usai kecelakaan. Rossi sendiri mengakui bahwa hasil ini sulit membuatnya tetap balapan tahun depan.

Uniknya, walau Rossi sudah memberi sinyal ingin pensiun akhir musim nanti, ia masih punya kans tetap balapan dengan timnya sendiri, Aramco Racing Team VR46. Pasalnya, Pangeran Arab Saudi, Abdulaziz bin Abdullah Al Saud, yang juga jadi sponsor tim tersebut, ingin Rossi bertandem dengan adiknya sendiri, Luca Marini.

1 dari 3 halaman

Pilihan Apa pun Bakal Tepat

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) Petronas SRT
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) Petronas SRT

Project Leader VR46 yang juga sahabat karib Rossi sendiri, Alessio 'Uccio' Salucci, bahkan membenarkan keinginan sang pangeran, dan mendukungnya. Meski begitu, kepada Sky Sport, Rabu (28/7/2021), Salucci bahkan menyatakan bahwa pihaknya takkan memaksa jika The Doctor memang tak mau dan lebih memilih gantung helm.

"Menyangkal takkan ada gunanya. Saya rasa salah satu rider kami jelas Luca. Tapi kami masih mempertimbangkan rider kedua. Vale yang akan menentukan. Pilihan apa pun akan jadi pilihan yang tepat. Kami berharap ia jadi pembalap kedua kami, namun hanya jika ia merasa harus melakukannya," ungkap Salucci.

Suppo, yang pensiun dari MotoGP pada akhir 2017, hingga kini masih mengamati karier Rossi. Ia pun mengaku tak heran jika Rossi ternyata memilih tetap balapan tahun depan, karena ia memang selalu lihai menemukan semangat ekstra untuk berkompetisi, salah satunya dari keluarga, kerabat, dan jutaan penggemarnya di dunia.

2 dari 3 halaman

Bagai Dewa, Berjasa Bagi Balap Motor

"Saya yakin semangat Vale membuatnya tetap balapan. Ia berada di posisinya yang sekarang berkat semua orang yang mengelilinginya melihatnya bagai dewa. Mereka terus menyemangatinya untuk tetap balapan, karena menurut mereka, jika situasinya tak berjalan baik, itu bukan karena salahnya," ujar Suppo seperti yang dikutip Corsedimoto, Senin (2/8/2021).

Suppo juga yakin, jasa Rossi yang bikin MotoGP makin populer juga perlu diperhitungkan. "Saya tak tahu berapa lama lagi Vale akan tetap balapan. Tapi dengan segala hal yang sudah ia lakukan untuk dunia balap motor, ia punya segala hak untuk memutuskan ingin tetap bersenang-senang dan balapan selama yang ia mau," pungkasnya.

Rossi akan kembali turun lintasan dalam MotoGP Styria dan Austria yang masing-masing digelar pada 6-8 dan 13-15 Agustus di Sirkuit Red Bull Ring, di mana Rossi belum pernah naik podium sejak trek ini kembali menjadi tuan rumah Grand Prix pada 2016 lalu.

Sumber: Sky Sport, Paddock TV, Corsedimoto

3 dari 3 halaman

Video: Gaya Nyeleneh Valentino Rossi di MotoGP

KOMENTAR