BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Valentino Rossi Perhatikan Sejarah Buruk Yamaha di Aragon

19-09-2019 09:45 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (c) Yamaha Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (c) Yamaha

Bola.net - Valentino Rossi tak menutup-nutupi keresahannya menjelang MotoGP Aragon, Spanyol, akhir pekan ini. Pasalnya, Motorland Aragon merupakan salah satu dari empat sirkuit MotoGP musim ini yang belum pernah dimenangi rider Monster Energy Yamaha itu di sepanjang kariernya.

Tiga sirkuit lainnya adalah Circuit of The Americas, Austin; Red Bull Ring, Austria, dan Buriram, Thailand. Aragon sendiri telah menggelar MotoGP sejak 2010, namun Rossi hanya meraih tiga podium di sana, yang semuanya merupakan hasil finis ketiga.

Meski begitu, Rossi punya satu goresan spektakuler di Aragon 2017, saat ia mampu finis kelima hanya 23 hari usai patah tulang fibula dan tibia kaki kanan akibat kecelakaan enduro di Italia. Ia nyaris digantikan Michael van der Mark, namun dinyatakan fit untuk turun lintasan.

1 dari 2 halaman

Masih Punya PR Jelang Aragon

Dalam MotoGP Misano akhir pekan lalu, Rossi pun berhasil finis keempat dengan dua perangkat baru pada YZR M1 miliknya, yakni swingarm karbon dan knalpot sistem ganda. Sayangnya, ia masih tertinggal 12,660 detik dari pemenang. Akselerasi M1 pun dinilai Rossi telah membaik, namun grip masih menjadi PR terbesar.

"Usai balapan di Misano, kami pergi menuju Aragon untuk balapan secara beruntun. Kami telah lihat di GP San Marino soal apa yang harus kami kerjakan, jadi itulah yang akan jadi fokus kami selama pekan balap," ujar sang sembilan kali juara dunia ini lewat rilis resmi tim.

2 dari 2 halaman

Sejarah Berkata Sulit

Rider Italia berusia 40 tahun ini pun sadar betul kesulitan macam apa yang akan ia hadapi di Aragon. Apalagi Yamaha juga hanya pernah meraih dua kemenangan di sana, yakni pada 2014 dan 2015 lewat Jorge Lorenzo.

"Menurut sejarah, Aragon adalah trek yang sulit bagi kami. Kami selalu kesulitan di sini, tapi kali ini kami tiba usai menjalani beberapa balapan dengan baik. Jelas kami harus bekerja keras, tapi kami ingin lebih kompetitif ketimbang masa-masa terdahulu," tutup Rossi.

Saat ini, Rossi tengah duduk di peringkat keenam pada klasemen pebalap MotoGP dengan koleksi 129 poin, hanya tertinggal lima poin dari tandemnya, Maverick Vinales, yang ada di peringkat kelima.

Sumber: Yamaha MotoGP

KOMENTAR