BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Valentino Rossi Penasaran Uji Coba Toprak Razgatlioglu, Sedih Jonathan Rea Tak ke MotoGP

07-10-2021 09:51 | Anindhya Danartikanya

Toprak Razgatlioglu, Valentino Rossi, dan Jonathan Rea (c) Yamaha Racing, Petronas Yamaha, Kawasaki Racing
Toprak Razgatlioglu, Valentino Rossi, dan Jonathan Rea (c) Yamaha Racing, Petronas Yamaha, Kawasaki Racing

Bola.net - Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi, sangat penasaran pada performa rider Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu, yang akan menjajal motor YZR-M1 dalam uji coba pascamusim MotoGP di Jerez, Spanyol pada 18-19 November 2021. Hal ini ia sampaikan via La Gazzetta dello Sport.

Yamaha Factory Racing dan Yamaha Motor Europe sama-sama belum mengonfirmasi uji coba tersebut secara resmi. Namun, hal ini sudah dibocorkan Razgatlioglu sendiri secara tak sengaja lewat kanal YouTube rider Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea, di Catalunya, Spanyol, bulan lalu.

Rossi, yang telah beberapa kali jumpa Razgatlioglu, takjub pada rider Turki itu. "Saya mengagumi Toprak. Ia masih muda, tapi sangat kuat dan fisiknya juga siap. Ia menyenangkan untuk ditonton dan punya kendali yang hebat di atas motor, dan ini adalah kekuatannya," ujarnya seperti yang dikutip Todo Circuito, Selasa (6/10/2021).

1 dari 2 halaman

Duel yang Menarik

Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha Racing
Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha Racing

Meski akhir musim ini dirinya akan pensiun dan takkan ikut uji coba pascamusim di Jerez, Rossi mengaku sangat penasaran pada performa El Turco di trek tersebut pada November nanti. Sembilan kali juara dunia ini yakin Razgatlioglu bakal kompetitif di atas M1.

"Saya sangat penasaran pada uji coba yang akan dijalani Toprak pada akhir musim nanti di atas M1, karena saya rasa ia bisa menjadi pembalap yang kompetitif di MotoGP. Tahun ini duelnya dengan Johnny menarik, karena keduanya rider superbike yang sangat hebat," tuturnya.

Bicara soal Rea, Rossi juga sedih enam kali juara dunia itu tak pernah dapat kans turun di MotoGP secara penuh. Seperti yang diketahui, Rea hanya dua kali turun di MotoGP, yakni di Aragon dan Misano pada 2012, saat diminta membela Repsol Honda sebagai pengganti Casey Stoner yang cedera.

2 dari 2 halaman

Penasaran Siapa yang akan Jadi Juara

Pembalap Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea (c) Kawasaki
Pembalap Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea (c) Kawasaki

Menurut Rossi, andai saat ini Rea ada di MotoGP, mungkin ia akan jadi rider papan atas. "Sangat disayangkan Johnny tak menghabiskan lima atau enam tahun di MotoGP. Padahal ia punya potensi untuk melaju cepat. Bahkan mungkin ia akan lebih kuat jika sekarang ada di MotoGP," ungkapnya.

Lewat WorldSBK.com, The Doctor juga memberi prediksi soal siapa yang akan jadi juara dunia musim ini. "Menurut saya, ada persaingan yang hebat di WorldSBK. Ini salah satu pertarungan terbaik dalam beberapa tahun terakhir, karena ada dua rider hebat yang selalu di depan dan sangat berdekatan," ujarnya.

"Sangat menarik untuk melihat bagaimana musim ini berakhir. Sulit mengira-ngira siapa yang akan jadi juara dunia. Sebelum Race 2 (di Portimao) saya bakal bilang Toprak. Tapi Johnny kini tertinggal 24 poin, maka bakal lebih mudah baginya," pungkas sembilan kali juara dunia ini.

Sumber: La Gazzetta dello Sport, Todo Circuito, WorldSBK

KOMENTAR