BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Valentino Rossi: Jangan Cemas, MotoGP Bakal Tetap Seru Tanpa Saya

25-08-2021 13:25 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) Yamaha MotoGP
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) Yamaha MotoGP

Bola.net - Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi, yakin fans balap tak perlu cemas soal masa depan MotoGP tanpa dirinya, yang akan pensiun akhir musim nanti. Menurutnya, para penggemar, terutama yang asal Italia, masih punya banyak rider tangguh yang bisa didukung. Hal ini ia katakan via MotoGP.com, Selasa (24/8/2021).

Grand Prix balap motor sudah digelar sejak 1949, dan Rossi menyebut bahwa, sebelum kehadirannya pada 1996 lalu, ajang ini sudah seru ditonton berkat performa legenda-legenda sebelumnya. Kini, level persaingan di MotoGP juga semakin sengit lewat talenta hebat para rider muda. Jadi, tak ada alasan bagi pamor MotoGP untuk redup.

The Doctor juga menyatakan, rider-rider muda Grand Prix kini punya pegangan jauh lebih kuat untuk mempertahankan karier mereka. Federasi balap motor di berbagai negara sudah mulai melek untuk mendukung mereka, termasuk Federasi Balap Motor Italia sendiri (FMI) yang mendukung VR46 Riders Academy.

1 dari 2 halaman

Kini Balap Motor Jadi Pekerjaan Serius

Valentino Rossi dan Luca Marini (c) Petronas SRT
Valentino Rossi dan Luca Marini (c) Petronas SRT

"MotoGP sudah ada sebelum Valentino Rossi, dan akan terus berlangsung usai saya pensiun. Toh beberapa tahun terakhir level persaingan jadi sangat tinggi. Sebelumnya, jadi pembalap motor sangatlah sulit dilakukan, seseorang harus punya passion yang besar agar sukses. Namun, kini para rider muda didukung banyak organisasi," ujar Rossi.

"Contohnya akademi kami, yang membantu para rider Italia terus memperbaiki diri dan berlatih keras dengan berbagai motor berbeda. Semuanya tetap menyenangkan, namun kini menjadi pembalap motor adalah pekerjaan yang benar-benar nyata dan serius," lanjut sembilan kali juara dunia ini.

Dukungan masif dari banyak pihak ini pun tak dimungkiri Rossi juga membantunya memberikan warisan kepada rider-rider muda Italia. Jika awalnya ia membentuk akademi hanya untuk membentuk Luca Marini, Franco Morbidelli, dan Andrea Migno, kini VR46 malah punya tim di kelas para raja.

2 dari 2 halaman

Banyak Rider Italia untuk Didukung

VR46 Riders Academy (c) Twitter/VR46 Riders Academy
VR46 Riders Academy (c) Twitter/VR46 Riders Academy

"Kami mulai membantu adik saya, Franco, dan Migno di ajang-ajang Italia, dan setelahnya kami membentuk tim di Moto3 dan Moto2. Tim MotoGP adalah langkah terakhir. Ini sulit karena segala hal di MotoGP jauh lebih besar, namun saya rasa kami sudah siap menjalankannya, dan kami punya tim yang baik di Moto2," tutur Rossi.

Dari seluruh anggota VR46 Riders Academy, delapan di antaranya kini sudah turun di ajang Grand Prix. Tak hanya itu, para rider Italia non-VR46 juga terus berdatangan dan talenta mereka tak kalah hebat. Atas alasan inilah, Rossi yakin penggemarnya tak perlu sedih ketika ia pensiun.

"Pada akhirnya, kami membentuk tim untuk para pembalap kami, karena kami ingin membantu mereka turun di MotoGP. Jadi, para penggemar Italia masih akan punya banyak alasan untuk terus menonton MotoGP tanpa saya," pungkas pembalap berusia 42 tahun ini.

Sumber: MotoGP

KOMENTAR