BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Valentino Rossi: Moto2 'Sekolah' Hebat, Lulusannya Langsung Garang di MotoGP

25-01-2021 09:14 | Anindhya Danartikanya

Valentino Rossi (c) Yamaha Valentino Rossi (c) Yamaha

Bola.net - Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi, meyakini Moto2 merupakan kelas balap yang sangat baik dalam 'mendidik' bibit-bibit muda, hingga kebanyakan lulusannya bisa langsung tampil garang dan melaju cepat sekalinya naik kelas ke MotoGP. Hal ini ia sampaikan kepada Crash.net pada Minggu (24/1/2020).

Seperti diketahui, Moto2 mulai bergulir pada 2010, menggantikan GP250. Kala itu, kelas ini menjadi kejuaraan yang menggunakan mesin Honda 600cc, disertai partisipasi dari berbagai produsen sasis. Pada 2019, Honda pun digantikan oleh Triumph dengan mesin 765cc Triple, berbasis dari motor Street Triple RS.

Kelas ini pun sudah melahirkan juara seperti Toni Elias, Stefan Bradl, Marc Marquez, Pol Espargaro, Tito Rabat, Johann Zarco, Franco Morbidelli, Francesco 'Pecco' Bagnaia, Alex Marquez, dan kini Enea Bastianini. Namun, uniknya, para rider yang tak jadi juara dunia di kelas ini kebanyakan juga sangat berbakat.

1 dari 3 halaman

Banyak Rider Bertalenta di Moto2

Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir (c) Suzuki Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir (c) Suzuki

Contoh paling nyata adalah Joan Mir, Alex Rins, Fabio Quartararo, Miguel Oliveira, Brad Binder, dan Maverick Vinales. Para rider ini tak pernah jadi juara dunia di Moto2, namun terbukti mampu memperebutkan podium dan kemenangan sejak berpartisipasi di kelas tertinggi. Mir bahkan sukses jadi juara dunia tahun lalu.

Atas alasan ini, Rossi sama sekali tak heran level persaingan di MotoGP semakin ketat, mengingat para rider mudanya berpotensi besar, didukung performa motor yang juga kian setara. "Praktisnya, semua pembalap muda yang tiba di MotoGP dari Moto2 selama beberapa tahun terakhir sangatlah kompetitif," ujarnya.

"Daftar rider yang bisa memperebutkan gelar dunia Moto2 sangatlah panjang, tapi biasanya mereka semua bisa langsung cepat dengan motor MotoGP sejak awal. Tampaknya, Moto2 memang 'sekolah' yang baik, ada banyak rider sangat kuat di generasi baru ini, seperti yang kita lihat dari Joan," lanjut Rossi.

2 dari 3 halaman

Percaya pada Marini dan Bastianini

Luca Marini dan Enea Bastianini (c) AP Photo Luca Marini dan Enea Bastianini (c) AP Photo

Musim ini, Rossi juga akan melihat sang adik sekaligus runner up Moto2 2020, Luca Marini, menjalani debut di MotoGP. 'Marinovich' akan bertandem dengan Bastianini, juara dunia Moto2 tahun lalu, di Esponsorama Racing dan mengendarai Ducati Desmosedici GP19.

Rossi pun meyakini bahwa kedua rider Italia ini telah mampu membuktikan kualitasnya sebagai pembalap hebat di Moto2, hingga tak ada alasan bagi mereka untuk tampil buruk di kelas tertinggi. Rider berusia 41 tahun ini juga meyakini Ducati akan membantu mereka sebaik mungkin.

"Marini dan Bastianini melakukan hal-hal fantastis di Moto2, memperebutkan gelar dunia sampai balapan terakhir. Di MotoGP, mereka akan punya motor yang sangat baik, yakni Ducati, disertai tim yang baik pula. Jadi, saya rasa mereka bisa langsung kompetitif pada 2021," pungkas sembilan kali juara dunia ini.

Sumber: Crashnet

3 dari 3 halaman

Video: Pembangunan Sirkuit MotoGP Indonesia 2021 di Mandalika

KOMENTAR