BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Valentino Rossi: Marc Marquez Harus Pikirkan Masa Depan Jangka Panjang

13-11-2020 14:00 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (c) Yamaha Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (c) Yamaha

Bola.net - Sebagai pembalap yang pernah mengalami cedera parah yang nyaris mengancam karier, Valentino Rossi punya pendapat soal masa depan Marc Marquez, yang belakangan ini santer digosipkan bakal menjalani operasi ketiga pada tulang lengan atas kanannya yang patah dua kali pada Juli lalu.

Lengan Marquez memang patah usai mengalami kecelakaan di MotoGP Spanyol, pada 19 Juli. Tiga pekan setelah menjalani operasi, plat titanium yang tertanam pada lengannya patah saat ia hendak membuka jendela rumah. Ia pun harus operasi lagi, dan dipastikan absen sampai akhir musim 2020.

Baru-baru ini beredar kabar bahwa saraf yang mengelilingi tulang humerus tersebut terancam mengalami kerusakan, hingga tampaknya Marquez harus menjalani operasi ketiga. Alhasil, delapan kali juara dunia ini juga terancam absen selama beberapa bulan pertama MotoGP 2021, atau bisa juga absen lagi selama semusim.

1 dari 3 halaman

Sejak Awal Cedera Marquez Sudah Buruk

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) MotoGP.com Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) MotoGP.com

"Sejak awal, cedera Marc memang sudah sangat buruk, karena tulang itu sangat penting dalam mengendarai motor. Tapi saya rasa, operasi kedua lah menyebabkan masalah lebih besar. Ia coba segalanya demi kembali beberapa hari usai operasi, tapi akhirnya justru dapat masalah jauh lebih besar, hingga ia butuh waktu lama untuk pulih," ujar Rossi via Crash.net, Kamis (12/11/2020).

Rossi sendiri sempat mencemaskan masa depannya usai kecelakaan hebat di MotoGP Italia 2010, insiden yang membuatnya absen tiga bulan akibat patah tulang fibula dan tibia kaki kanan. Insiden ini diakui Rossi sebagai konsekuensi ngotot buru-buru balapan saat sedang cedera bahu akibat kecelakaan motocross pada awal tahun.

"Cedera 2010 sangatlah berat. Saya cedera bahu yang buruk, namun ingin kembali. Akhirnya, saya malah cedera kaki. Itu musim yang sangat berat. Dalam olahraga ini, apa pun bisa terjadi. Tapi Anda tetap harus kuat dan coba kembali pulih secara bertahap, walau kadang butuh waktu," ungkapnya.

2 dari 3 halaman

Pembalap Tetap Manusia Biasa

Rossi pun menyarankan Marquez untuk menjalani masa pemulihan dengan sabar dan telaten jika ingin kariernya di MotoGP bertahan lama. Menurutnya, dalam menghadapi cedera separah ini, target jangka panjang jauh lebih penting dipikirkan ketimbang target jangka pendek.

"Pada akhirnya, kami tetap manusia biasa, dan Anda harus benar-benar menghormati tubuh Anda sendiri. Usai mengalami cedera yang parah, Anda harus merenungkan masa depan jangka panjang ketimbang jangka pendek. Jika tidak, ini tak hanya memengaruhi karier Anda, melainkan juga kehidupan Anda," tutup Rossi.

Belum ada pernyataan resmi dari Honda mengenai kemungkinan operasi ketiga yang bakal dijalani Marquez. Meski begitu, kabarnya keputusan akan diambil dalam dua pekan ke depan.

Sumber: Crashnet

3 dari 3 halaman

Video: Joan Mir Sukses Rebut Kemenangan di MotoGP Eropa

KOMENTAR