BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Valentino Rossi: Kita Bakal Lihat Luca Marini yang 'Beda' di MotoGP 2022

08-12-2021 16:00 | Anindhya Danartikanya

Luca Marini dan Valentino Rossi (c) Facebook/Luca Marini
Luca Marini dan Valentino Rossi (c) Facebook/Luca Marini

Bola.net - Sembilan kali juara dunia, Valentino Rossi meyakini bahwa publik akan melihat Luca Marini yang 'berbeda' di MotoGP 2022 mendatang. Hal ini disampaikan Rossi kepada Corsedimoto pada Selasa (7/12/2021), usai ketiga kalinya menjuarai ajang flat track La 100km dei Campioni di Tavullia, Italia, bersama adiknya tersebut.

Marini menjalani debut MotoGP tahun ini, membela Sky VR46 Avintia, dan sekadar naik Ducati Desmosedici GP19. Ia mengakhiri musim di peringkat 19 pada klasemen dengan 41 poin, tiga poin di bawah Rossi. Hasil terbaiknya adalah posisi 5 di Seri Austia dalam kondisi flag-to-flag, dan posisi 9 di Seri Emilia Romagna dalam kondisi normal.

"Pada awalnya, ia mengalami lebih banyak masalah dari dugaan. Dari sudut pandang saya, mereka tak mengikuti jalan yang tepat soal motor dan posisi berkendara. Namun, hal macam ini bisa saja terjadi karena musim debut memang tak mudah," kisah Rossi, yang pensiun dari MotoGP usai finis ke-10 di Valencia, pertengahan November lalu.

1 dari 2 halaman

Masih Harus Perbaiki Perfoma di Pembuka Balapan

Valentino Rossi dan Luca Marini (c) Petronas SRT
Valentino Rossi dan Luca Marini (c) Petronas SRT

Musim depan, VR46 pun akan jadi tim satelit Ducati seutuhnya dengan nama VR46 Racing Team. Marini, meski jadi debutan terbuncit dibanding Jorge Martin dan Enea Bastianini musim ini, dipastikan akan mendapatkan Desmosedici GP22, yakni motor Ducati spek pabrikan teranyar.

Rossi pun meyakini motor tersebut akan membantu adiknya tampil lebih kompetitif musim depan. Namun, MotoGP Legend ini menegaskan ada banyak hal lain yang harus diperbaiki Marini. Salah satunya adalah memperkuat mentalitas saat bertarung pada lap-lap pembuka.

"Luca masih harus memperbaiki diri dalam balapan, terutama saat start, dan pada lap-lap pertama, ia harus mencoba lebih agresif. Tapi, menurut saya, tahun depan kita akan lihat Luca yang berbeda, yang akan bisa memperebutkan posisi-posisi penting," ungkap rider asal Italia tersebut.

2 dari 2 halaman

Sebut 2021 Musim yang Positif

View this post on Instagram

A post shared by MotoGP™ (@motogp)

Marini sendiri mengaku tak kecewa-kecewa amat mengakhiri musim di peringkat 19 dan menjadi debutan terbuncit. Pasalnya, ia hanya berusaha menggali pengalaman dan memetik pelajaran sebanyak mungkin agar lebih tangguh menghadapi musim-musim berikutnya.

"Ketika melihat posisi awal dan akhir saya, saya merasa puas. Saya mengalami kemajuan sebagai pembalap dan manusia. Menurut saya, ini musim yang positif. Saya tahu bakal sulit punya target tinggi, jadi saya hanya mencoba menggali pengalaman sebanyak mungkin, selalu finis, gaspol, dan belajar," tutup Marini.

Sementara Rossi tak lagi balapan motor, Marini akan kembali turun lintasan dalam uji coba pramusim MotoGP di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada 5-6 Februari 2022, yang disusul dengan uji coba di Sirkuit Mandalika, Indonesia, pada 11-13 Februari 2022.

Sumber: Corsedimoto

KOMENTAR