Valentino Rossi Jelang Debut di GT World Challenge: Saya Memang Terlahir Jadi Pembalap Mobil

Anindhya Danartikanya | 28 Maret 2022, 15:45
Valentino Rossi (c) WRT - W Racing Team
Valentino Rossi (c) WRT - W Racing Team

Bola.net - Akhir pekan nanti, yakni 1-3 April 2022, Valentino Rossi resmi sepenuhnya menjadi pembalap mobil usai pensiun dari MotoGP. Pembalap asal Italia berusia 43 tahun ini akan menjalani debutnya di GT World Challenge Europe di Sirkuit Imola, Italia. Ia pun mengaku sangat penasaran atas kiprahnya sepanjang musim ini.


Usai gantung helm dari kompetisi balap motor, Rossi memang banting setir ke ajang balap mobil. Dalam GT World Challenge Europe, ia pun membela Team WRT dan mengendarai mobil Audi. Ia sudah menjalani beberapa tes di berbagai sirkuit, dan sangat puas atas performanya. Kini, ia sudah tak sabar menanti balapan pertama.

Sang sembilan kali juara dunia pun senang bisa tetap punya kesibukan usai pensiun dari MotoGP. Pasalnya, ia takkan merasa bosan santai-santai saja di rumah usai berlaga di ajang Grand Prix motor selama 26 tahun lamanya. Selain jadi pembalap mobil, ia juga kini menjalani peran barunya sebagai ayah dari seorang putri.

1 dari 2 halaman

Kesibukan Baru

"Sebentar lagi saya menjalani karier baru sebagai pembalap mobil, karena tinggal di rumah tanpa ngapa-ngapain bakal menyedihkan usai 26 tahun keliling dunia. Ini dua pertiga hidup saya, jadi jika tiba-tiba berhenti dan tak melakukan apa pun, bakal berat. Jadi, saya memang selalu bekerja keras demi jadi pembalap mobil," ujarnya via Il Giornale, Minggu (27/3/2022).

Saat masih aktif balapan di MotoGP, Rossi juga sangat aktif di dunia balap mobil. Ia diketahui beberapa kali menjadi pereli wildcard di Kejuaraan Reli Dunia (WRC), tujuh kali menjuarai Monza Rally Show, serta beberapa kali turun di ajang balap ketahanan mobil, Gulf 12 Hours. Ia yakin sudah sewajarnya kini ia jadi pembalap mobil seutuhnya.

"Saya memang berusaha tampil di kejuaraan balap mobil sekalinya pensiun (dari MotoGP). Pasalnya, balap motor adalah kegiatan untuk orang muda, Anda harus bugar, harus punya keberanian. Saya tak mau mengatakan hal yang bisa salah diinterpretasikan, namun balap mobil lebih mudah bagi orang-orang di usia tertentu," ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Penasaran pada Kiprah Baru

Valentino Rossi (c) Twitter/Audi Sport

Rossi pun sangat penasaran atas kiprah barunya ini, dan berharap bisa bersenang-senang mengendarai mobil dan meraih hasil bersama timnya. Ia yakin karier ini takkan terlalu menguras fisiknya seperti saat jadi pembalap motor dulu. Lagi pula, balap mobil juga bukan ranah asing baginya, karena ia mengawali karier saat muda di ranah gokart.

"Saya penasaran apa yang bisa saya lakukan. Kini rasanya kembali menyenangkan. Saya selalu senang-senang tiap naik mobil, apalagi saat tes. Masalahnya, pada akhirnya saya kelelahan tiap kali naik motor. Tapi bagaimanapun, saya memang terlahir sebagai pembalap mobil. Saya balapan gokart saat masih kecil, yang untungnya banting setir jadi pembalap motor," pungkasnya.

Berikut kalender GT World Challenge Europe 2022:

Jadwal tes: resmi

  • 7-8 Maret: Prancis - Paul Ricard
  • 21-22 Juni: Belgia - Spa Francorchamps

Jadwal balap:

  1. 1-3 April: Italia - Imola (endurance)
  2. 30 April-1 Mei: Inggris - Brands Hatch (sprint)
  3. 13-15 Mei: Prancis - Magny-Cours (sprint)
  4. 3-5 Juni: Prancis - Paul Ricard (endurance)
  5. 17-19 Juni: Belanda - Zandvoort (sprint)
  6. 1-3 Juli: Italia - Misano (sprint)
  7. 28-31 Juli: Belgia - Spa Francorchamps (endurance)
  8. 2-4 September: Jerman - Hockenheim (endurance)
  9. 16-18 September: Spanyol - Valencia (sprint)
  10. 30 September-2 Oktober: Spanyol - Barcelona (endurance)

Sumber: Il Giornale

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR