BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Valentino Rossi Girang Temukan Kemajuan Signifikan pada Hari Keempat Uji Coba Qatar

12-03-2021 11:35 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) Petronas SRT Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) Petronas SRT

Bola.net - Usai menduduki posisi kedelapan dan mencetak 1 menit 53,993 detik pada hari keempat uji coba pramusim MotoGP Qatar di Sirkuit Losail pada Kamis (11/3/2021), Valentino Rossi mengaku merasa sangat senang. Apalagi jika mengingat rider Italia ini sempat kesulitan pada uji coba pertama pada 6-7 Maret lalu.

Meski tak mengikuti jejak Maverick Vinales, Franco Morbidelli, dan Fabio Quartararo, yang kompak berkuasa di tiga posisi teratas daftar catatan waktu, Rossi punya alasan tersendiri untuk berpuas diri atas kinerja yang ia lakukan bersama Petronas Yamaha SRT.

Usai sibuk mengutak-atik konfigurasi motor YZR-M1 miliknya, Rossi pun untuk pertama kalinya mampu mencatat waktu 1 menit 53 detik di Losail, sejak trek ini menjadi tuan rumah MotoGP pada 2004 lalu. Ia hanya tertinggal 0,749 detik dari Vinales.

1 dari 3 halaman

Lap Tunggal Cepat, Ritme Balap Konsisten

"Saya sangat nyaman hari ini, terutama usai mengutak-atik motor. Kami menemukan beberapa solusi baru dan saya bisa melakukan time attack dengan baik. Saya mencatat waktu terbaik dalam karier saya di Qatar, karena sebelumnya saya tak pernah mencatat 1 menit 53 detik," ujar Rossi via Crash.net.

Tak hanya cepat dalam lap tunggal yang nantinya berguna di sesi kualifikasi, sembilan kali juara dunia ini juga mengaku ritme balapnya semakin baik pula. Ritme balap Rossi bahkan diperkirakan cukup baik untuk ikut memperebutkan podium bersama tiga rider Yamaha lainnya.

"Semua orang jelas sangat cepat, namun kami mampu memperbaiki posisi kami, dan yang lebih penting lagi, saya mengalami peningkatan besar pada ritme balap saya. Saya mencatat 1 menit 54 dengan baik, dan saya lebih cepat dari kemarin. Jadi, ini adalah hari yang positif," lanjutnya.

2 dari 3 halaman

Ritme Balap Tak Tertinggal Jauh

Rossi pun yakin Vinales, Morbidelli, dan Quartararo bisa jadi lebih menggebrak, begitu juga Jack Miller, Pecco Bagnaia, Joan Mir, serta Alex Rins. Namun, jika melihat ritme balapnya, ia merasa tak kelewat tertinggal jauh dari para pembalap muda ini.

"Saya memeriksa ritme rider lain dan tampaknya Maverick sangat kuat, begitu juga Fabio lebih cepat dari saya. Setelah mereka, ada banyak rider lainnya. Franco cepat, begitu juga para rider pabrikan Ducati dan Suzuki. Namun, soal ritme, kami nyaris sama," ungkapnya.

"Ini tak buruk, saya tak terlalu jauh dari depan. Saya senang karena selama dua hari ini saya jauh lebih kompetitif dibanding akhir tahun lalu," pungkas Rossi, yang akan kembali turun lintasan pada hari kelima sekaligus terakhir uji coba Qatar pada Jumat (12/3/2021).

Sumber: Crashnet

3 dari 3 halaman

Video: 5 Pembalap Hebat WorldSBK yang Tak Sukses di MotoGP

KOMENTAR