Valentino Rossi Emosional Sempat Pimpin MotoGP Australia

Anindhya Danartikanya | 28 Oktober 2019, 10:20
Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (c) Yamaha
Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (c) Yamaha

Bola.net - Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, sempat memberi harapakn kepada para penggemarnya, Popolo Giallo, saat memimpin tiga lap pertama MotoGP Australia di Sirkuit Phillip Island pada Minggu (27/10/2019). Sayangnya, pada akhirnya The Doctor harus puas finis kedelapan.


Start keempat, Rossi melakukan holeshot dan menyalip Maverick Vinales, Fabio Quartararo, Marc Marquez, dan Cal Crutchlow di tikungan pertama, dan sempat menciptakan jarak yang cukup jauh. Ia pun memimpin selama tiga lap, sebelum tersalip oleh Crutchlow pada Lap 4.

"Itu start yang hebat, dan cara yang baik untuk merayakan start ke-400 saya, bertahan sebentar di depan. Rasanya emosional. Hasil akhirnya sih tidak fantastis, tapi saya tak kelewat jauh dari Jack Miller yang naik podium, dan bisa berkendara lebih baik. Saya lebih kompetitif ketimbang di Motegi," ujarnya via Crash.net.

1 dari 2 halaman

Harus Lebih Kuat

Dengan gagalnya Rossi meraih kemenangan, ia telah melalui 44 balapan tanpa pernah menaiki puncak podium. Kemenangan terakhirnya adalah MotoGP Belanda 2017, dan ini menyamai catatan losing streak terburuknya sejak turun di ajang Grand Prix pada 1996, yakni di Malaysia 2010 sampai Belanda 2013.

"Kami butuh lebih kuat, dan kami harus bekerja keras. Seperti biasa, kami kurang grip di ban belakang. Saya sangat lamban di trek lurus dan di beberapa titik akselerasi saya tak bisa keluar dari tikungan dengan cepat. Tapi balapan di Phillip Island selalu menyenangkan, dan itu tadi pertarungan yang hebat!" ujarnya.

2 dari 2 halaman

Akui Jelas-Jelas Paling Lamban

Usai Vinales, Marquez, dan Crutchlow 'melarikan diri', Rossi bertarung melawan delapan rider berbeda, dan semuanya saling salip selama balapan berlangsung. Rider Italia ini bahkan sempat berada di posisi 10 menjelang finis, namun naik dua posisi usai Vinales terjatuh dan menyalip Alex Rins pada lap terakhir.

"Masalahnya, kami bertarung di grup besar, dan setiap lap saya kehilangan satu posisi di trek lurus. Jika tak bisa mengambil kembali posisi di lap berikutnya, rider di belakang saya menyalip, karena saya jelas paling lamban di grup itu saat di trek lurus! Tapi akhirnya saya sudah coba berkendara dengan halus," pungkasnya.

Menjelang MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang akhir pekan ini, Rossi duduk di peringkat ketujuh di klasemen pebalap dengan 153 poin. Tahun lalu, Rossi memimpin balapan di Sepang selama 15 lap pertama, namun terjatuh dan akhirnya harus puas finis di posisi 18.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR