Valentino Rossi: 'Debut' VR46 Jadi Penutup Indah bagi Karier Saya di MotoGP

Anindhya Danartikanya | 25 Februari 2022, 15:12
Marco Bezzecchi, Luca Marini, dan Valentino Rossi (c) VR46 Racing Team
Marco Bezzecchi, Luca Marini, dan Valentino Rossi (c) VR46 Racing Team

Bola.net - Sembilan kali juara dunia sekaligus MotoGP Legend, Valentino Rossi, merasa sangat bahagia bisa menurunkan tim balapnya dengan kekuatan penuh di kelas para raja musim ini. Baginya, Mooney VR46 Racing Team adalah 'penutup' yang indah bagi kariernya di ajang Grand Prix.

Usai membentuk VR46 Riders Academy pada 2013, Rossi menurunkan tim balapnya, VR46 Racing Team, di Grand Prix untuk pertama kali di Moto3 2014. Tim yang kala itu masih bernama Sky Racing VR46 ini kemudian berekspansi ke Moto2 pada 2017. Sejauh ini mereka baru meraih satu gelar dunia, yakni lewat Pecco Bagnaia di Moto2 2018.

VR46 lalu melebarkan sayap ke MotoGP pada 2021 dan mundur dari Moto3. Turun dengan nama Sky VR46 Avintia, mereka melebur dengan Avintia Esponsorama. Esponsorama mundur tahun ini, dan slotnya diambil alih oleh VR46. Alhasil, ini pertama kalinya VR46 menurunkan skuad penuh alias dua rider sekaligus di MotoGP.

1 dari 2 halaman

Debut yang Besar, Bab Baru di MotoGP

Valentino Rossi dan skuad Mooney VR46 Racing Team MotoGP dan Moto2 2022. (c) VR46 Racing Team

Valentino Rossi dan skuad Mooney VR46 Racing Team MotoGP dan Moto2 2022. (c) VR46 Racing Team

VR46 pun menurunkan Luca Marini dan Marco Bezzecchi di MotoGP musim ini, sementara skuadnya di Moto2 diisi oleh Celestino Vietti dan Niccolo Antonelli. Rossi, yang pensiun dalam usia 42 tahun pada November 2021 lalu, kini merasa bersemangat mengamati kiprah anak-anak didiknya yang membela tim balapnya.

"Ini adalah perjalanan panjang sejak kiprah kami di Moto3. Namun, kini kami siap menjalani debut di MotoGP bersama tim VR46 dan empat rider muda yang saya yakini bakal mengerahkan 100% dari diri mereka," ungkap pembalap asal Italia ini dalam rilis resmi tim pada Kamis (24/2/2022).

"Ini adalah penutup bagi lingkaran karier saya, juga untuk semua orang yang telah bekerja keras dengan penuh semangat untuk proyek ini selama bertahun-tahun. Pada saat yang sama, ini adalah debut yang besar, awal dari bab baru dalam kisah yang indah di MotoGP," lanjut Rossi.

2 dari 2 halaman

Sambut Kehadiran Mooney Setelah Skandal Aramco

Skuad Mooney VR46 Racing Team MotoGP dan Moto2 2022 (c) VR46 Racing TeamSkuad Mooney VR46 Racing Team MotoGP dan Moto2 2022 (c) VR46 Racing Team

Rossi juga mengaku berterima kasih kepada Mooney, yakni sponsor baru timnya. Mooney merupakan perusahaan layanan pembayaran elektronik asal Italia. Kehadiran Mooney ini sangat diapresiasi oleh Rossi dan manajemen VR46 mengingat mereka sempat dibingungkan oleh rancunya kerja sama dengan Aramco.

"Kami berterima kasih atas dukungan semua mitra kami, dan saya senang bisa menyambut Mooney. Kami bertemu pada musim dingin lalu di The Ranch, rasanya kami langsung cocok. Kini kami pun mendapati diri bersama motor-motor cantik kami yang dihiasi warna-warna khas kami," pungkasnya.

Tak hanya mendukung tim Rossi di MotoGP dan Moto2, Mooney juga akan berkontribusi di VR46 Riders Academy dan jadi sponsor pribadi Rossi di ajang balap mobil. Rossi diketahui akan turun semusim penuh dalam kejuaraan GT World Challenge Europe bersama Team WRT, mengendarai mobil Audi.

Sumber: Mooney VR46 Racing Team

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR