BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Valentino Rossi Cemaskan Franco Morbidelli, Sebut Cederanya Serius

10-09-2021 11:35 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi dan Franco Morbidelli (c) Petronas SRT
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi dan Franco Morbidelli (c) Petronas SRT

Bola.net - Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi, mengaku mencemaskan kondisi fisik sang tandem sekaligus anak didiknya, Franco Morbidelli, yang masih harus menjalani proses pemulihan cedera lutut cukup parah. Lewat Crash.net, Kamis (9/9/2021), Rossi menyebut cedera Morbidelli sangat serius.

Morbidelli harus menjalani operasi lutut kiri pada akhir Juni, demi memperbaiki kerusakan meniskus dan ligamen krusiat anterior (ACL) yang kondisinya sempat memburuk akibat berbagai kecelakaan, utamanya akibat kecelakaan motocross pada 2015 lalu. Alhasil, ia harus absen balapan sejak Seri Assen, Belanda.

Selama absen, posisi Morbidelli di Petronas SRT digantikan oleh Garrett Gerloff, Cal Crutchlow, dan Jake Dixon. Ia dijadwalkan baru kembali balapan di MotoGP San Marino, yang bakal digelar di Sirkuit Misano pada 17-19 September, di mana ia akan jadi pengganti Maverick Vinales di Monster Energy Yamaha.

1 dari 2 halaman

Berjuang Melawan Waktu

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli (c) Petronas SRT
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli (c) Petronas SRT

Morbidelli sudah mulai latihan dengan motor superbike YZR-M1 di Misano pada 31 Agustus lalu, bersama para test rider MotoGP dan para rider Ducati yang latihan dengan motor superbike pula. Rossi pun menyatakan kini Morbidelli intensif menjalani fisioterapi dengan pelatih VR46 Riders Academy, Carlo Casabianca.

"Franco dan Carlo sedang bertarung melawan waktu, karena operasinya sangat serius. Pasalnya, cedera pada lutut Franco cukup buruk. Mereka pun harus melakukan operasi yang mendalam. Semuanya berjalan baik, namun rehabilitasinya sangatlah kuat dan saya melihat Franco sangat menderita," tutur Rossi.

Sembilan kali juara dunia ini pun sangat berharap fisik Morbidelli sudah benar-benar fit di Misano nanti, dan bisa tampil kompetitif. "Usahanya setiap hari sangatlah besar, dan kini pada periode-periode terakhir, segalanya lebih baik. Ia akan coba balapan di Misano dan saya berharap ia bisa tampil baik," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Luca Marini Dapat Desmosedici Terbaru pada 2022

Valentino Rossi dan Luca Marini (c) Petronas SRT
Valentino Rossi dan Luca Marini (c) Petronas SRT

Dalam wawancara yang sama, Rossi juga mengomentari kiprah sang adik, Luca Marini, tahun depan. Rider berjuluk Marinovich itu dipastikan akan tetap membela VR46 Team dan Ducati. Namun, Rossi mensinyalir bahwa ia takkan lagi mengendarai motor lama, melainkan akan mendapatkan Desmosedici GP22 spek pabrikan.

"Tahun depan, Luca akan dalam situasi yang baik, karena tampaknya kami bisa punya satu motor Ducati 2022 dan itu lebih baik dari motornya yang sekarang. Jadi, ia bisa lebih kompetitif. Nasihat saya padanya adalah kerahkan yang terbaik, latihan sebaik mungkin di rumah, karena tahun depan ia punya kans bagus untuk menunjukkan kecepatan dan potensinya," tutup Rossi.

Marini yang merupakan runner up Moto2 2020, saat ini bertandem dengan Enea Bastianini di Sky VR46 Avintia dan sama-sama mengendarai Desmosedici GP19. Hasil terbaiknya adalah finis kelima di Seri Austria, dan saat ini rider berusia 24 tahun itu tengah duduk di peringkat 20 pada klasemen pembalap dengan 28 poin.

Sumber: MotoGP

KOMENTAR