BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Valentino Rossi: Brad Binder Kuat Sejak di Moto3, Mirip Rider Australia

12-08-2020 14:35 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (c) Yamaha Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (c) Yamaha

Bola.net - Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, memberikan pujian kepada Brad Binder yang menggebrak MotoGP lewat kemenangannya bersama KTM di Brno, Ceko, Minggu (9/8/2020). Itu adalah kemenangan perdana bagi Binder dan KTM di kelas tertinggi.

Binder yang berstatus debutan, start dari posisi ketujuh. Ia naik ke posisi kelima pada lap pertama, dan langsung naik ke posisi ketiga pada lap berikutnya. Dengan sabar ia pun berusaha mempersempit margin dari Fabio Quartararo, dan akhirnya menyalip pada Lap 9.

Rider 25 tahun ini pun perlahan tapi pasti mendekati Franco Morbidelli, yang memimpin balapan dengan keunggulan satu detik. Pada Lap 13, ia pun akhirnya menyalip, dan langsung mencetak margin yang cukup besar dan melenggang ke garis finis sebagai pemenang.

1 dari 3 halaman

Punya Gaya Balap yang Modern

Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder (c) KTM/Polarity Photo Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder (c) KTM/Polarity Photo

Binder pun menjadi pembalap Afrika Selatan pertama yang mampu meraih kemenangan di era MotoGP, sekaligus menjadi debutan pertama yang mampu meraih kemenangan di MotoGP sejak Marc Marquez di Circuit of The Americas, Austin, Texas, pada 2013 lalu.

Rossi sendiri mengaku sudah lama mengamati Binder, mengingat rider Italia ini juga kerap memperhatikan anak-anak didiknya di VR46 Riders Academy yang kerap menjadi rival sang juara dunia Moto3 2016 itu. Bagi The Doctor performa garang Binder bukan hal yang mengejutkan.

"Brad itu 'monster'. Bahkan di kelas balap yang lebih ringan, ia menjalani berbagai balapan menakjubkan. Ia rider yang sangat kuat, dan punya gaya balap seperti pembalap Australia. Ia suka sedikit oversteer dan lebih sering pakai rem belakang. Ia punya cara berkendara yang sangat modern untuk MotoGP," ujarnya via Corsedimoto.

2 dari 3 halaman

Doakan KTM Cepat Kehilangan Hak Konsesi

Melihat kekuatan Binder dan motor RC16 di Brno, Rossi juga mengaku takkan heran jika kombinasi ini kembali kuat dalam MotoGP Austria dan Styria yang sama-sama akan digelar di Sirkuit Red Bull Ring, kandang KTM sendiri. Jika tampil kuat di sana, KTM juga bisa kehilangan hak konsesi.

Berkat kemenangan Binder, kini KTM punya 3 poin konsesi. Jika menang lagi, atau finis di posisi 2 dan 3 pada Minggu (16/8/2020), maka KTM akan langsung kehilangan hak menjalani uji coba tanpa batas, dan mulai musim depan akan menggunakan 7 mesin per musim serta dinaungi aturan pembekuan mesin.

"Saya rasa KTM bakal sangat kuat juga di Austria, dan mereka akan jadi favorit pemenang. Saya juga ikut berharap mereka segera dapat banyak poin (konsesi). Dengan begitu mereka bisa tak lagi punya konsesi dan takkan menjalani lebih banyak uji coba ketimbang kami," pungkas Rossi.

3 dari 3 halaman

Video: 5 Pebalap Hebat WorldSBK yang Tak Sukses di MotoGP

KOMENTAR