BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Valentino Rossi Berharap Banyak dari Program Uji Coba Cal Crutchlow

04-03-2021 11:25 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) Petronas SRT Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) Petronas SRT

Bola.net - Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi, memberi sambutan kepada Cal Crutchlow yang akhirnya kembali ke pabrikan Garpu Tala usai delapan tahun lamanya, walau kini menjabat sebagai test rider. Lewat Crash.net, Rabu (3/3/2021), Rossi mengaku berharap banyak padanya.

Crutchlow diketahui sempat membela Monster Yamaha Tech 3 pada 2011-2013, sebelum ia hijrah ke Ducati Team selama setahun dan LCR Honda selama enam tahun. Akhir musim lalu, dalam usia 35 tahun, ia memutuskan pensiun dari kompetisi, dan kembali ke Yamaha sebagai test rider.

Kedatangan Crutchlow ini sempat menimbulkan polemik. Pasalnya, rider Inggris ini ditunjuk Yamaha untuk jadi pengganti Jorge Lorenzo, yang musim lalu hanya diberi dua kesempatan uji coba, hingga Yamaha banjir kritik baik dari Rossi, Fabio Quartararo, maupun Maverick Vinales.

1 dari 3 halaman

Bakal Diskusi dengan Cal Crutchlow

Cal Crutchlow (c) AP Photo Cal Crutchlow (c) AP Photo

Rossi menerima keputusan Yamaha menggaet Crutchlow, tapi berharap kali ini mereka menjalankan program uji coba lebih serius. Rider Italia ini juga mengaku penasaran atas kinerja Crutchlow, yang akan naik YZR-M1 untuk pertama kali sejak 2013 di uji coba shakedown Qatar, 5 Maret.

"Kami sangat mengharapkan dukungan kuat dari Cal, karena ia baru pensiun akhir tahun lalu. Jadi, kondisi fisiknya pasti bagus. Ia sudah lama membela Honda, jadi ia bisa memberi Yamaha beberapa nasihat. Saya ingin bicara dengannya usai kontak pertama dengan M1," ujar Rossi.

"Saya rasa Cal bisa memberikan bantuan besar pada Yamaha. Selain itu, saya punya hubungan yang baik dengan Cal. Jadi, saya sangat senang bisa bekerja dengannya, walau pasti tak mudah baginya jadi test rider," lanjut sembilan kali juara dunia berusia 42 tahun ini.

2 dari 3 halaman

Cal Crutchlow Harus Punya Motivasi yang Tepat

Rossi juga mengakui, menggaet test rider yang sudah tak lagi berkompetisi sangatlah penting, agar fokusnya benar-benar tertuju pada pengembangan motor, dan bukannya pada balapan. Meski begitu, mengingat Crutchlow baru pensiun pada akhir musim lalu, mengubah pola pikir ini diakui Rossi bisa jadi sangat sulit.

"Untuk jadi test rider, jelas Anda harus punya motivasi yang tepat untuk mencari limit performa motor, apalagi jika tak berkompetisi. Ini takkan mudah bagi Cal, jadi saya harap ia punya motivasi yang baik dan cara kerja yang tepat pula. Ia baru berhenti balapan, jadi kondisinya baik. Saya rasa ini bisa memberi perbedaan besar," tutupnya.

Crutchlow diperkirakan juga akan berkendara dalam uji coba pramusim Qatar pada 6-7 dan 10-12 Maret, bersama para pembalap MotoGP lainnya, termasuk Rossi. Seri perdana akan digelar di tempat yang sama pada 26-28 Maret mendatang.

Sumber: Crashnet

3 dari 3 halaman

Video: Dimas Ekky Ingin Mandalika Racing Team Jadi Batu Loncatan Rider Indonesia

KOMENTAR