BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Valentino Rossi: Banyak Rider Punya Kans Jadi Juara 2020, Tak Cuma KTM

14-08-2020 09:30 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (c) Yamaha Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (c) Yamaha

Bola.net - Usai melihat Brad Binder merebut kemenangan di Brno, Ceko, Valentino Rossi, sangat yakin bahwa KTM bisa ikut memperebutkan gelar dunia MotoGP musim ini. Meski begitu, ia juga memperingatkan bahwa ada banyak tim dan pembalap yang sama kuat dan punya peluang sama untuk jadi juara.

Dalam jumpa pers MotoGP Austria di Red Bull Ring, Kamis (13/8/2020), pembalap Monster Energy Yamaha ini mengaku sangat kagum atas peningkatan performa RC16, terutama dalam setahun terakhir. Menurutnya, hal ini sudah dibuktikan oleh para pembalap KTM di tiga balapan pertama tahun ini.

"KTM ikut memperebutkan gelar? Tentu saja. Mengapa tidak? Peningkatan mereka ketimbang tahun lalu sungguh impresif. KTM telah berupaya keras untuk program MotoGP mereka. Di Jerez, mereka sudah kompetitif, dan andai Pol (Espargaro) tak jatuh di Brno, mereka bisa finis 1-2," ujar Rossi via MotoGP.com.

1 dari 3 halaman

KTM Punya 3 Rider yang Sama Kuat

Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder (c) KTM/Polarity Photo Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder (c) KTM/Polarity Photo

Rossi juga yakin KTM bakal lebih kuat lagi di Red Bull Ring, yang juga kandang mereka sendiri. "Di sini, mereka juga sangat kuat dan jadi favorit, karena tahun lalu Miguel (Oliveira) sendiri sudah kompetitif. Mereka punya tiga rider yang kuat, jadi tentu mereka bisa ikut memperebutkan gelar," lanjut Rossi.

Di lain sisi, jika melihat peta persaingan MotoGP 2020, Rossi juga meyakini tak hanya KTM yang punya peluang juara tahun ini. Menurutnya, banyak pembalap punya peluang yang sama lebar, mengingat dua unggulan tahun ini, Marc Marquez dan Andrea Dovizioso, sama-sama bermasalah.

"Saya rasa peluang juara sangat terbuka lebar untuk banyak pembalap, karena tak hanya karena Dovi bermasalah dan Marc cedera, melainkan juga karena semua hasil sangat berkolerasi dengan ban," ungkap rider 41 tahun ini, menyusul keluhan banyak rider soal perubahan performa ban Michelin tahun ini.

2 dari 3 halaman

Situasi Bisa Berubah Cepat

Sembilan kali juara dunia ini juga memperingatkan bahwa level kompetisi tahun ini jauh lebih ketat dari sebelumnya. Semua motor memiliki performa yang nyaris setara, dan hal ini membuat para pembalap juga punya kans yang setara pula untuk tampil baik, bahkan meraih podium atau kemenangan.

"10-15 pembalap terdepan sangatlah berdekatan. Sebuah pekan balap bisa berubah banyak dari pagi ke siang. Kadang Anda bisa masuk Q1 (Kualifikasi 1), tapi pada akhirnya bisa memenangi balapan, seperti Brad (Binder) di Brno. Jadi peluang juara sangat terbuka, dan musim ini bakal menarik untuk diikuti," pungkas Rossi.

Saat ini, Rossi sendiri berada di peringkat 7 pada klasemen pembalap dengan koleksi 27 poin, tertinggal satu poin dari Binder dan Johann Zarco yang ada di peringkat 5 dan 6. Puncak klasemen masih diisi oleh Fabio Quartararo.

3 dari 3 halaman

Video: 5 Pebalap Hebat WorldSBK yang Tak Sukses di MotoGP

KOMENTAR