BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Valentino Rossi Bangga Rider-Rider Muda Italia 'Panas' di MotoGP

12-08-2020 11:06 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (c) Yamaha Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (c) Yamaha

Bola.net - Valentino Rossi mengaku turut berbahagia melihat banyak pembalap Italia menapaki tangga podium Moto3, Moto2, MotoGP selama seri-seri perdana musim ini. Hal ini ia sampaikan dalam wawancaranya dengan Sky Sport usai finis kelima di Brno, Ceko, Minggu (9/8/2020).

Selama 10 tahun terakhir, rider Monster Energy Yamaha ini memang punya hasrat membuat Italia kembali berjaya di ajang Grand Prix, karena sempat melempem beberapa tahun. Hal ini pula yang mendorongnya membentuk VR46 Riders Academy pada 2014.

Di setiap podium ketiga kelas balap 2020, selalu terdapat rider Italia di atasnya, kecuali dalam balapan Moto3 Qatar di mana tak ada satu pun wakil dari Negeri Pizza. Beberapa di antaranya adalah anggota VR46, yang juga tak jarang berlatih dengan Rossi di sela pekan balap.

1 dari 3 halaman

Banyak Rider Muda Kompetitif

Pebalap Italtrans Racing, Enea Bastianini (c) Facebook/Italtrans Racing Pebalap Italtrans Racing, Enea Bastianini (c) Facebook/Italtrans Racing

Sejauh ini, para rider muda Italia yang telah naik podium adalah Franco Morbidelli (MotoGP), Lorenzo Baldassarri, Enea Bastianini, Luca Marini, Marco Bezzecchi (Moto2), Tony Arbolino, Celestino Vietti, dan Dennis Foggia (Moto3).

Pecco Bagnaia, Andrea Migno, Niccolo Antonelli, Fabio di Giannantonio, dan Nicolo Bulega belum meraih podium, namun terbukti tampil kuat sejauh ini. Rossi pun mengaku sangat senang akhirnya Italia bangkit kembali menyaingi rider-rider Spanyol yang sempat berkuasa.

Meski tak semua rider-rider ini merupakan anak didiknya di VR46, Rossi tetap merasa bangga melihat para pembalap Italia jauh lebih kompetitif ketimbang beberapa tahun lalu, dan bahkan ikut meramaikan perebutan gelar dunia.

2 dari 3 halaman

Ada Atmosfer yang Baik

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli (c) SRT Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli (c) SRT

"Kini meraih hasil baik jadi realita hebat bagi dunia balap motor Italia. Kami meraih hasil baik di semua kelas balap. Ada atmosfer yang baik di antara kami, dan kami membantu mereka untuk menjadi rider yang lebih jantan dan mereka juga membantu saya. Bersama mereka latihan tak terasa membosankan. Mereka bikin saya awet muda," ujarnya.

Rossi juga mengaku bangga melihat Morbidelli, anak didiknya sejak 2010, bahkan sebelum VR46 Riders Academy dibentuk, akhirnya merebut podium perdananya di MotoGP usai finis kedua di Sirkuit Brno, Ceko.

"Franco menjalani pekan balap yang baik. Ia sangat kuat di semua uji coba pramusim, dan kini menjalani balapan dengan baik. Ia layak dapat podium ini. Mulai sekarang, saya yakin ia bakal sangat kompetitif di semua balapan," pungkas Rossi.

3 dari 3 halaman

Video: Kegembiraan Brad Binder Usai Menangi MotoGP Ceko

KOMENTAR