BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

'Valentino Rossi Bakal Turunkan Tim Satelit Bareng Aprilia di MotoGP'

06-07-2020 12:35 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (c) Yamaha Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (c) Yamaha

Bola.net - Pengamat kawakan MotoGP, Carlo Pernat, meyakini bahwa Valentino Rossi takkan menurunkan tim satelit bersama Yamaha usai ia pensiun nanti. Kepada GPOne, Minggu (5/7/2020), Pernat mengaku yakin Rossi bisa saja bekerja sama dengan Suzuki, atau bahkan Aprilia.

Rossi memang kabarnya masih akan balapan setahun lagi dengan Petronas Yamaha SRT pada 2021, namun jika pensiun suatu saat nanti, kabarnya ia ingin memperlebar sayap Sky Racing VR46 ke MotoGP usai sukses di Moto3 dan Moto2. Meski begitu, kerja sama dengan Yamaha bakal sulit.

Pasalnya, Dorna Sports meminta setiap pabrikan memiliki satu tim satelit saja terhitung mulai 2022, yang berarti tiap pabrikan hanya boleh menurunkan empat pebalap. Yamaha sendiri telah bekerja sama dengan Petronas Yamaha SRT sejak 2019, mempersempit jalan VR46 untuk bekerja sama.

1 dari 3 halaman

Bisa Gabung Suzuki

Pebalap Sky Racing VR46, Luca Marini (c) VR46 Pebalap Sky Racing VR46, Luca Marini (c) VR46

"Menurut saya, Vale akan menurunkan tim sendiri di MotoGP. Itu hampir pasti, katakanlah 99%. Sebelumnya, saya sangat yakin ia bakal melakukannya dengan Yamaha, tapi kini saya ragu akibat regulasi soal tim satelit pada 2022, yang berkata tiap pabrikan hanya boleh menurunkan empat motor," ujar Pernat.

Menurut pria Italia ini, Rossi bisa bekerja sama dengan Suzuki, mengingat ia bersahabat erat dengan Manajer Tim Suzuki Ecstar, Davide Brivio, yang sejak 2017 pusing rencananya menurunkan tim satelit tak kunjung disetujui oleh para bos di Jepang.

Pernat juga yakin Rossi bisa bekerja sama dengan Aprilia Racing, pabrikan yang ia bela di GP125 dan GP250, tempat ia meraih dua gelar dunia. Pernat bahkan mengabaikan pernyataan Fausto Gresini, yang menyebut Gresini Racing akan jadi tim satelit Aprilia pada 2022 nanti.

2 dari 3 halaman

Harus Tahu Benar Rencana Aprilia

Pebalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia Pebalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia

"Vale bisa lihat ke tempat lain. Di Suzuki ada Brivio, yang jelas punya pertemanan baik dengan Vale. Aprilia juga punya tempat di hati Vale, ia 'lahir' di sana. Saya takkan kaget jika pada masa depan ini terwujud. Saya melihat kolaborasi dengan Aprilia lebih masuk akal dari Suzuki," ujar Pernat.

"Tentu Vale masih harus lihat performa Aprilia. Motor baru mereka memberikan sinyal baik, tapi ia harus tahu berapa banyak biaya yang dikeluarkan Piaggio Group (induk perusahaan Aprilia) untuk mengembangkan motor tersebut," pungkasnya.

Sky Racing VR46 telah turun di Moto3 sejak 2014, dan saat ini menaungi Andrea Migno dan Celestino Vietti. Tim ini pun berekspansi ke Moto2 pada 2017, dan saat ini menaungi Luca Marini dan Marco Bezzecchi. Keempatnya merupakan murid Rossi di VR46 Riders Academy.

3 dari 3 halaman

Video: 5 Pebalap Hebat WorldSBK yang Tak Sukses di MotoGP

KOMENTAR