BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Usai Jack Miller-Pecco Bagnaia, Ducati Gaet Michael Ruben Rinaldi

15-10-2020 09:39 | Anindhya Danartikanya

Chaz Davies dan Michael Ruben Rinaldi (c) Ducati
Chaz Davies dan Michael Ruben Rinaldi (c) Ducati

Bola.net - Tak hanya merombak skuad MotoGP dengan rider muda, Ducati Corse juga melakukan hal serupa di WorldSBK untuk 2021. Secara menggemparkan, pada Rabu (14/10/2020), mereka resmi menggaet Michael Ruben Rinaldi untuk diturunkan di Aruba.it Racing Ducati, sebagai pengganti Chaz Davies.

Davies yang kini berusia 33 tahun, telah membela tim pabrikan Ducati WorldSBK sejak 2014. Selama berseragam merah, ia mempersembahkan 86 podium, 27 kemenangan, 7 Superpole, dan menduduki peringkat runner up di belakang Jonathan Rea pada 2015, 2017, dan 2018.

Namun, belakangan ini performa Davies menurun. Musim ini, ia hanya mengoleksi 7 podium, dan baru mengoleksi satu kemenangan. Performa ini pun membuat Ducati Corse menoleh kepada Rinaldi, yang masih berusia 24 tahun dan mulai menunjukkan potensinya bersama Team GoEleven.

Meski sekadar membela tim independen, Rinaldi mampu tampil kompetitif dan konsisten di setiap balapan walau baru mengoleksi tiga podium dan satu kemenangan yang secara mengejutkan ia raih balapan pertama (Race 1) WorldSBK Teruel, Aragon, Spanyol pada awal September.

1 dari 3 halaman

Pernyataan Resmi Gigi Dall'Igna

Rinaldi, yang uniknya sudah dianggap adik sendiri oleh Davies, akan bertandem dengan Scott Redding, yang saat ini masih berusia 27 tahun dan sudah bergabung dengan Aruba.it Racing Ducati sejak awal musim ini. Menjelang seri penutup di Estoril, Portugal, 16-18 Oktober, Redding sendiri tengah memperebutkan gelar dunia dengan Rea.

"Kami senang menyambut Michael ke tim pabrikan. Tahun ini Michael menunjukkan level kompetisi yang tinggi, puncaknya kemenangan di Aragon, dan selalu merebut posisi papan atas. Kami yakin waktu yang tepat sudah datang untuknya bergabung dengan tim pabrikan dan kami yakin ia punya masa depan cerah," ujar General Manager Ducati Corse, Gigi Dall'Igna, via rilis resmi tim.

"Saya ingin berterima kasih kepada Chaz, yang telah menjadi duta yang hebat untuk perusahaan kami selama tujuh musim terakhir dan meraih banyak hasil penting bagi kami: 27 kemenangan, ditambah 59 podium lainnya, serta tiga kali runner up di kejuaraan ini. Kami akan coba menutup petualangan kami bersama sebaik mungkin pada akhir pekan ini di Estoril," tutup Dall'Igna.

2 dari 3 halaman

Daftar Rider Pabrikan Ducati dan Daftar Peserta WorldSBK 2021

Dengan begitu, Ducati kini resmi telah memiliki 7 pembalap muda yang terikat kontrak langsung dengan pabrikan baik di MotoGP maupun WorldSBK musim depan. Luca Marini (23 tahun) yang saat ini masih membela Sky Racing VR46 di Moto2, juga diperkirakan akan membela Ducati di MotoGP 2021.

Berikut daftar pembalap muda Ducati Corse:

  • Jack Miller - 25 tahun (Ducati Team MotoGP)
  • Francesco 'Pecco' Bagnaia - 23 tahun (Ducati Team MotoGP)
  • Johann Zarco - 30 tahun (Pramac Racing MotoGP)
  • Jorge Martin - 22 tahun (Pramac Racing MotoGP)
  • Enea Bastianini - 22 tahun (MotoGP, tim belum ditentukan)
  • Scott Redding - 27 tahun (Aruba.it Racing Ducati WorldSBK)
  • Michael Ruben Rinaldi - 24 tahun (Aruba.it Racing Ducati WorldSBK)

Berikut daftar sementara peserta WorldSBK 2021:

  • Kawasaki Racing Team: Jonathan Rea dan Alex Lowes
  • Aruba.it Racing Ducati: Scott Redding dan Michael Ruben Rinaldi
  • Pata Yamaha WorldSBK: Toprak Razgatlioglu dan Andrea Locatelli
  • BMW Motorrad WorldSBK: Tom Sykes dan Michael van der Mark
  • GRT Yamaha WorldSBK: Garrett Gerloff dan Kohta Nozane
  • Puccetti Kawasaki: Lucas Mahias

Sumber: Ducati Corse

3 dari 3 halaman

Video: 5 Pembalap Hebat WorldSBK yang Tak Sukses di MotoGP

KOMENTAR