BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Uji Coba Terakhir di MotoGP, Valentino Rossi: Saya Nggak Bakal Kangen!

23-09-2021 10:36 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) Petronas SRT
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) Petronas SRT

Bola.net - Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi, merampungkan uji coba pascabalap MotoGP Misano, Italia, Rabu (22/9/2021), yang juga akan jadi uji coba terakhirnya di ajang Grand Prix. Rossi pun mengaku takkan kangen menjalani uji coba, yang menurutnya sesi paling berat yang harus dilakoni seorang rider.

Dalam uji coba yang digelar selama dua hari itu, Rossi menduduki posisi 11 dan 19 pada masing-masing hari. Ia pun tak menjajal perangkat baru, hanya mengutak-atik setup motor sebagai persiapan menjelang balapan MotoGP Austin di Circuit of The Americas, Amerika Serikat, pada 1-3 Oktober mendatang.

"Ini adalah uji coba terakhir saya, jadi ini momen yang penting. Namun, jujur saja, saya takkan rindu uji coba di masa depan! Pasalnya, uji coba selalu berat, pekerjaannya berat bagi fisik dan mental. Sungguh sulit, ini adalah bagian berat dalam pekerjaan kami. Saya lebih pilih pekan balap!" tuturnya via Crash.net.

1 dari 2 halaman

Teringat Uji Coba Aprilia dan Honda

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) Petronas SRT
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) Petronas SRT

Namun, Rossi mengaku ada beberapa uji coba yang sangat berkesan. Ia membeberkan, uji coba yang memberikan memori manis adalah saat ia menjajal motor Aprilia 250cc untuk pertama kalinya, sebelum berkompetisi pada 1998. Begitu pula saat ia menjajal motor Honda NSR500 sebelum turun di kelas GP500 untuk pertama kali pada 2000.

"Uji coba yang biasanya Anda ingat adalah saat mencoba motor baru untuk pertama kali. Saya ingat betul uji coba pertama saya dengan 250cc, namun terutama uji coba perdana dengan Honda 500cc di Jerez, bersama Jeremy (Burgess) dan Bernie (Ansiau). Saya rasa itu November atau Desember 1999. Sangat impresif," kisahnya.

"Setelahnya, saya juga ingat uji coba perdana saya dengan motor 4-tak Honda di Suzuka, usai Suzuka 8 Hours. Kami merebut kemenangan bersama Colin (Edwards), dan setelahnya kami menjalani uji coba dengan motor MotoGP pertama. Saya rasa itu Agustus pada 2001," lanjut Rossi.

2 dari 2 halaman

Kenang Uji Coba Perdana Bareng Yamaha

Satu lagi uji coba yang berkesan bagi Rossi adalah saat ia menjajal Yamaha YZR-M1. Saat Rossi hendak pindah ke Yamaha, Honda diketahui melarangnya menjalani uji coba pascamusim di Valencia pada November 2003, hingga ia harus menunggu sampai uji coba pramusim di Malaysia pada Januari 2004.

"Uji coba lain yang sangat saya ingat adalah bersama Yamaha di Sepang, Januari 2004. Pertama kali saya mencoba M1, juga bersama Jeremy. Saya rasa ini adalah uji coba-uji coba terbaik dalam karier saya," pungkas sang sembilan kali juara dunia.

Saat ini Rossi berada di peringkat 21 pada klasemen pembalap dengan koleksi 28 poin, jumlah poin yang sama dengan yang dikoleksi sang adik, Luca Marini, dari Sky VR46 Avintia, di peringkat 20.

Sumber: Crashnet

KOMENTAR