BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Uji Coba MotoGP, Brad Binder Malah 'Salfok' pada Jonathan Rea

10-07-2020 15:10 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder (c) KTM/Polarity Photo Pebalap Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder (c) KTM/Polarity Photo

Bola.net - Debutan Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder, sangat senang bisa kembali mengendarai motor RC16 di uji coba MotoGP Misano, Italia, 23-24 Juni lalu. Lewat MotoGP.com, Kamis (9/10/2020), ia bahkan mengaku kagum bisa berbagi trek dengan para rider WorldSBK yang juga menjalani uji coba.

Binder terpaksa absen dari uji coba tertutup KTM di trek yang sama pada 10-11 Juni, karena berada di Afrika Selatan dan kala itu pemerintah belum mengizinkan warga negaranya bepergian ke luar negeri. Meski begitu, sepekan kemudian, ia dan sang adik, Darryn Binder diperbolehkan pergi ke Austria.

Di Austria, Binder harus menjalani karantina selama 14 hari, sebelum akhirnya boleh berlatih dengan motor Moto2 KTM 2019 bersama Miguel Oliveira di Red Bull Ring. Pada 23-24 Juni, ia pun akhirnya turun lintasan dengan RC16 di Misano bersama sang tandem, Pol Espargaro, dan rider KTM lainnya.

1 dari 3 halaman

Akui Sempat 'Tersesat'

Pebalap Red Bull KTM, Brad Binder (c) KTM/Lukas Leitner Pebalap Red Bull KTM, Brad Binder (c) KTM/Lukas Leitner

"Hari pertama agak menakutkan. Rasanya gila. Saya selalu dua langkah di belakang level performa motor. Awalnya sulit, rasanya aneh usai duduk di sofa selama tiga bulan. Tentu saya latihan tiap hari, tapi tak mengendarai sesuatu yang seperti motor MotoGP. Lima kali keluar garasi, saya sungguh tersesat," ujar juara dunia Moto3 2016 ini.

"Pada hari kedua, saya bangun pagi, dan pada lap pertama saya bisa mengendalikan diri, segalanya lebih terasa rileks. Saya tak bisa ikut uji coba pertama, karena terjebak di Afrika Selatan. Tapi rasanya menyenangkan ikut uji coba dua hari selanjutnya, karena bagi saya sangat penting," lanjutnya.

Uniknya, meski rider KTM lain dan beberapa test rider MotoGP turun lintasan, Binder harus belajar sendiri mencari ritmenya. Ia pun hanya sempat membuntuti Espargaro selama dua lap. Malahan, ia lebih sering berjumpa dengan para rider WorldSBK, termasuk lima kali juara WorldSBK, Jonathan Rea.

2 dari 3 halaman

Malah Kagum Lihat Rider-Rider WorldSBK

Pebalap Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea (c) Kawasaki Pebalap Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea (c) Kawasaki

Binder pun mengaku sempat terkagum-kagum melihat rider Kawasaki Racing Team tersebut, begitu juga rider WorldSBK lain seperti duet Aruba.it Racing Ducati, Scott Redding dan Chaz Davies. Rider berusia 24 tahun ini mengaku sangat mengidolakan para rider WorldSBK, meski kejuaraannya dianggap 'Serie B' dari MotoGP.

"Saya melaju di belakang Pol selama dua lap, tapi dia satu-satunya rider GP yang bisa saya ikuti. Saya pun melihat Jonny beberapa kali, rasanya keren. Saya selalu menonton dan mengidolakan rider-rider WorldSBK entah sejak kapan. Rasanya gila berada di trek bersama orang-orang dewasa ini. Menyenangkan bisa berkendara bersama mereka dan melakukan perbandingan," tutupnya.

Binder pun akan kembali berjumpa dengan para rider lainnya di lintasan pada seri pertama MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada 17-19 Juli mendatang, yang didahului dengan sesi uji coba tambahan pada 15 Juli.

3 dari 3 halaman

Video: 5 Pebalap Hebat WorldSBK yang Tak Sukses di MotoGP

KOMENTAR