Tunggu 3 Bulan, Lewis Hamilton Akhirnya Podium Lagi di Formula 1 Kanada

Anindhya Danartikanya | 20 Juni 2022, 12:29
Pembalap Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton (c) AP Photo
Pembalap Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton (c) AP Photo

Bola.net - Usai penantian tiga bulan sejak podiumnya di Seri Sakhir, Bahrain, pada Maret lalu, Lewis Hamilton akhirnya kembali naik podium usai finis ketiga dalam Formula 1 GP Kanada di Sirkuit Gilles Villeneuve, Montreal, pada Senin (20/6/2022) dini hari WIB.

Musim ini, pembalap Mercedes AMG Petronas itu memang sangat kesulitan tampil kompetitif, mengingat mobil W13 miliknya mengalami fenomena porpoising yang cukup parah. Ia bahkan mengalami cedera punggung usai menjalani balapan di Baku, Azerbaijan, sepekan lalu.

Usai balapan di Baku, Hamilton terbang ke Brackley, Inggris, untuk bekerja di simulator untuk mengurangi kendala ini. Ia pun menjalani pekan balap yang lebih kompetitif di Kanada, start keempat, dan akhirnya finis ketiga di belakang Max Verstappen dan Carlos Sainz jr.

1 dari 2 halaman

Selalu Fokus dan Tak Pernah Menyerah

Pembalap Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton (c) AP Photo

Pembalap Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton (c) AP Photo

Meski masih paceklik kemenangan, Hamilton senang bisa naik podium lagi karena ini mengobati rasa kecewanya selama beberapa pekan terakhir. "Jujur saja, rasanya cukup menyenangkan bisa finis ketiga," ungkapnya usai balap, seperti yang dikutip oleh Autosport.

"Tahun ini kami bertarung keras dengan mobil sebagai tim. Tapi kami terus waspada, fokus, dan tak pernah menyerah. Ini adalah hal yang bikin saya sangat bangga, dan saya terinspirasi oleh kru saya. Jadi, terima kasih kepada semua orang yang ada di trek dan yang ada di markas," lanjutnya.

Dalam balapan ini, Hamilton finis dengan ketertinggalan lebih dari tujuh detik di belakang Verstappen. Meski ini margin yang sangat besar, Hamilton mengaku sudah merasakan kemajuan sedikit demi sedikit. Ia pun berharap bisa segera bertarung kembali melawan Red Bull dan Ferrari.

2 dari 2 halaman

Tak Mengira Bakal Naik Podium

Pembalap Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton (c) AP Photo

Pembalap Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton (c) AP Photo

"Mereka agak terlalu cepat bagi kami saat ini. Saya sudah mengerahkan segalanya, namun kami terus mendekat. Jadi, kami harus tetap bekerja keras. Semoga kami bisa kembali bertarung dengan para pembalap terdepan," lanjut tujuh kali juara dunia ini.

Uniknya, meski merasakan kemajuan pada mobil W13 miliknya di Kanada, Hamilton mengaku tak menduga bisa naik podium. Ia yakin semua ini berkat kerja kerasnya bersama tim di simulator setelah balapan di Baku.

"Ritme kami cukup baik, terutama pada fase kedua stint. Kami bekerja keras di simulator dan mencari setup yang tepat. Jadi, saya senang. Saya tak mengira bakal begini sebelum pekan balap dimulai. Ini podium kedua saya musim ini. Rasanya spesial, apalagi di tempat saya meraih kemenangan perdana saya di Grand Prix," tutupnya.

Sumber: Autosport

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR