BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Tulang Lengan Kena Infeksi, Marc Marquez Dirawat di RS Lebih Lama

06-12-2020 22:20 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) HRC Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) HRC

Bola.net - Kabar buruk kembali merundung rider Repsol Honda, Marc Marquez. Beberapa uji coba yang dilakukan tim dokter dari Hospital Ruber Internacional, Madrid, Spanyol, menyatakan bahwa sang delapan kali juara dunia mengalami infeksi pada patahan tulang lengan atas kanannya. Hal ini diumumkan via rilis resmi tim, Sabtu (5/12/2020).

Seperti diketahui, Marquez mengalami kecelakaan hebat dalam MotoGP Spanyol di Jerez pada 19 Juli lalu, yang menyebabkan patah tulang humerus kanan. Dua hari usai insiden, Marquez pun menjalani operasi di Barcelona untuk menanamkan satu plat titanium dan 12 sekrup.

Dua hari usai operasi, Marquez kembali ke Jerez untuk turun di MotoGP Andalusia. Namun, usai coba turun di di sesi FP3, lengannya membengkak dan memar hingga ia memutuskan mundur dan fokus mencari kans kembali di Brno, Ceko. Sayang, drama Marquez tak berhenti di situ.

1 dari 3 halaman

Ganti Plat, Lakukan Cangkok Tulang

Pada 3 Agustus, jelang MotoGP Ceko, Marquez secara menggemparkan harus menjalani operasi kedua usai platnya patah akibat membuka jendela besar di rumah saat hendak mengajak kedua anjingnya jalan-jalan. Sejak itu, proses pemulihannya sangat rumit dan butuh waktu lama.

Marquez beberapa kali dikabarkan akan kembali balapan pada beberapa seri. Namun, menjelang MotoGP Valencia pada 15 November lalu, 8 kali juara dunia ini mengaku takkan kembali sampai musim berakhir dan akan fokus pada pemulihan demi kembali dengan kondisi lebih bugar pada 2021.

Demi mewujudkan harapannya itu, Marquez akhirnya memutuskan untuk menjalani operasi ketiga di Madrid pada Kamis (3/12/2020). Operasi ini dilakukan untuk mengganti plat baru pada lengannya, serta melakukan pencangkokan tulang pinggulnya.

2 dari 3 halaman

Harus Dirawat di RS Sampai Beberapa Pekan

Operasi yang berjalan selama delapan jam ini, dijalankan oleh tim dokter Samuel Antuna, Ignacio Roger de Ona, Juan de Miguel, Aitor Ibarzabal, dan Andrea Garcia Villanueva. Tim dokter ini pun menemukan infeksi pada patahan tulangnya dan rider Spanyol berusia 27 tahun itu akan dirawat di Madrid selama beberapa pekan ke depan untuk diobservasi dan menjalani perlakuan antibiotik.

PERNYATAAN RESMI REPSOL HONDA:

"Situasi klinis Marc Marquez pascaoperasi dinyatakan memuaskan oleh tim medisnya di Hospital Ruber Internacional, Madrid. Meski begitu, proses kultur yang dilakukan dalam operasi pseudarthrosis mengonfirmasi adanya infeksi pada patahan sebelumnya, yang membuat Marquez harus mendapatkan perlakukan antibiotik secara spesifik pada beberapa pekan ke depan. Marqiez akan tetap dirawat di Hospital Ruber Internacional, Madrid."

Sumber: Honda Racing Corporation

3 dari 3 halaman

Video: Aron Canet Lolos dari Maut Saat Terjatuh di Moto2 Portugal 2020

KOMENTAR