BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Toprak Razgatlioglu Tolak ke MotoGP, Tepatkah Terus Bertahan di WorldSBK?

02-07-2021 11:08 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha Racing
Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha Racing

Bola.net - Enam kali juara World Supersport (WSS), Kenan Sofuoglu, menegaskan bahwa Toprak Razgatlioglu takkan pindah dari WorldSBK ke MotoGP pada 2022, meski banyak kursi kosong di Yamaha. Namun, apakah ini langkah yang tepat untuk karier Razgatlioglu yang masih muda?

Razgatlioglu, yang masih 24 tahun dan merupakan juara FIM Supestock 1000 2017, kerap diperbincangkan paddock MotoGP selama tiga tahun terakhir berkat talentanya yang mentereng di WorldSBK, meski belum pernah merebut gelar dan belum konsisten menantang sang enam kali juara dunia, Jonathan Rea.

Belakangan, ia pun santer dikabarkan akan pindah ke MotoGP 2022 entah lewat Petronas Yamaha SRT atau Monster Energy Yamaha, usai Valentino Rossi diperkirakan akan pensiun akhir musim ini, disusul oleh kepastian Maverick Vinales yang akan hengkang setahun lebih awal akhir musim ini.

Namun, Sofuoglu yang juga manajer Razgatlioglu, mengaku sudah menolak semua tawaran pindah ke MotoGP. Sofuoglu tak menjelaskan alasan detail, hanya berdalih anak didiknya itu akan tetap berlaga di WorldSBK setidaknya sampai 2023. Pernyataan ini tentu bikin paddock MotoGP terheran-heran.

1 dari 3 halaman

Sudah Tolak Semua Tawaran dari MotoGP

Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha Racing
Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha Racing

Perlu diingat, banyak pihak yakin tak seharusnya talenta Razgatlioglu dibiarkan tak pernah mencicipi MotoGP. "Kami bicara dengan beberapa tim MotoGP yang tertarik. Saya pun bilang pada mereka bahwa kami tak terlalu tertarik pindah ke MotoGP sekarang. Target kami adalah bertahan di WorldSBK," ujar Sofuoglu.

"Nyaris semua pabrikan memberi tawarkan pada Toprak untuk musim depan. Jadi, saya bicara dengan semua orang, tak hanya Yamaha. Saya mungkin ambil keputusan pekan ini. Yang bisa saya katakan adalah: kami takkan pergi ke MotoGP, Toprak akan balapan di WorldSBK sampai dua tahun ke depan," lanjut pria yang juga tangan kanan Presiden Recep Tayyip Erdogan ini.

Namun, tepatkah arahan Sofuoglu untuk Razgatlioglu yang masih cukup belia dan terbukti bertalenta murni? Masih berusia 24 tahun, tentunya belum terlambat baginya pindah ke MotoGP, apalagi ia terbukti jadi kandidat juara musim ini, meraih tujuh podium dan satu kemenangan dalam sembilan balapan pertama WorldSBK 2021.

Selain itu, Razgatlioglu diketahui punya banyak pengagum dari para rider dan tim-tim MotoGP berkat gaya balap yang sangat agresif dan berani, hingga tak sedikit yang membayangkan apa yang bisa dilakukan Razgatlioglu di MotoGP, yakni kejuaraan balap motor terakbar di dunia, melebihi WorldSBK.

2 dari 3 halaman

Sia-siakan Kepercayaan dari Paddock MotoGP?

Razgatlioglu sempat nyaris jadi rider cadangan Monster Energy Yamaha di MotoGP Valencia 2020 akibat Valentino Rossi yang positif Covid-19. Namun, langkah itu mustahil diwujudkan karena ia disponsori Red Bull. Alhasil, tugas bergengsi tersebut diserahkan kepada rider GRT Yamaha WorldSBK, Garrett Gerloff.

Razgatlioglu pun dapat tawaran dari Petronas Yamaha SRT untuk turun di MotoGP Belanda 2021 untuk jadi pengganti Franco Morbidelli yang cedera lutut. Namun, Pata Yamaha WorldSBK secara mengejutkan menyatakan bahwa Razgatlioglu menolak tawaran tersebut demi fokus dalam perburuan gelar.

Dengan kepercayaan tinggi yang diberikan penghuni paddock MotoGP padanya, tepatkah Razgatlioglu memilih bertahan di WorldSBK lebih lama lagi? Apalagi jika mengingat rider-rider muda bertalenta dari Moto2 terus berdatangan dan mungkin kans ke MotoGP takkan datang dua kali.

MotoGP akan kembali berlaga di Seri Styria yang digelar di Red Bull Ring, Austria, pada 6-8 Agustus. Sementara itu, Razgatlioglu, yang kini hanya tertinggal 20 poin dari Rea, akan kembali berlaga di WorldSBK Inggris yang digelar di Donington Park pada 2-4 Juli.

Sumber: Speedweek

3 dari 3 halaman

Video: Fabio Quartararo Menangi MotoGP Belanda 2021

KOMENTAR