BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Toprak Razgatlioglu, Rider Turki yang Curi Perhatian di MotoGP

26-05-2020 09:25 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha Pebalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha

Bola.net - Lima kali juara WorldSSP, Kenan Sofuoglu, menyatakan anak didiknya yang juga rider Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu, telah dapat tawaran untuk turun di MotoGP. Meski begitu, Sofuoglu yakin pindah ke MotoGP takkan tepat sebelum Razgatlioglu sukses juara di WorldSBK.

Usai menjuarai FIM Supestock 1000 2017, Razgatlioglu naik ke WorldSBK bersama Turkish Puccetti Kawasaki pada 2018, dan sukses meraih dua podium. Pada tahun berikutnya, rider asal Turki ini menggila dan meraih 12 podium, termasuk dua kemenangan.

Tahun ini, ia pun pindah ke Pata Yamaha usai mengalami konflik dengan Kawasaki, dan meraih dua podium di Australia, termasuk satu kemenangan. Kedatangannya di WorldSBK yang bagai badai ini pun tentu mencuri banyak perhatian. Lima kali juara WorldSBK, Jonathan Rea, bahkan meyakini Razgatlioglu bisa jadi juara selanjutnya.

1 dari 3 halaman

Ada Tim MotoGP yang Tertarik

Sofuoglu, yang juga manajer pribadi Razgatlioglu, pun mengonfirmasi adanya ketertarikan dari salah satu tim MotoGP. Meski begitu, Sofuoglu menyatakan bahwa pebalap berusia 23 tahun itu harus fokus lebih dulu di WorldSBK.

View this post on Instagram

We are working to do better #WeR1 #Redbull #Dainese @patayamahawsbk

A post shared by Toprak Razgatlıoğlu (@toprak_tr54) on

"Saya bisa bilang bahwa Toprak sudah mendapatkan ketertarikan dari MotoGP, dan saya segera bilang padanya bahwa itu adalah tawaran yang baik dari tim yang baik pula," ungkap Sofuoglu dalam wawancaranya dengan WorldSBK.com.

"Tapi target pertama kami adalah berada di Superbike dengan Toprak pada 2020. Saat saya meletakkannya di STK1000, saya bilang pada Toprak bahwa targetnya harus jadi juara dunia di WorldSBK selama bertahun-tahun," lanjutnya.

2 dari 3 halaman

Boleh ke MotoGP Jika Sukses Juarai WorldSBK 2021

Target terdekat Sofuoglu untuk Razgatlioglu adalah meraih gelar WorldSBK 2021. Dan jika ia berhasil melakukannya dengan gaya dominan, maka Sofuoglu akan senang hati mengarahkan Razgatlioglu ke MotoGP pada 2022 mendatang.

"Jika Toprak bisa menang dengan mudah di WorldSBK 2021, dan jika ada tawaran dari tim pabrikan, maka saya akan mengubah rencana. Dan jika Toprak mau, kami bisa pindah ke MotoGP. Rencana kami adalah membuat Toprak memiliki cerita bersejarah, menjadi salah satu legenda di WorldSBK," pungkas Sofuoglu.

3 dari 3 halaman

Video: Pembangunan Sirkuit MotoGP Indonesia 2021 di Mandalika

KOMENTAR