BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

'Toprak Razgatlioglu Layak ke MotoGP, Apalagi Jika Juarai WorldSBK'

18-01-2021 12:21 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (c) Facebook/Pata Yamaha Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (c) Facebook/Pata Yamaha

Bola.net - Manajer Road Racing Yamaha Motor Europe, Andrea Dosoli, sangat meyakini bahwa rider muda asal Turki yang kini turun di Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu, sangat layak mendapatkan kans turun di MotoGP. Status kelayakan Razgatlioglu bahkan bisa naik lagi jika ia sukses meraih gelar dunia tahun ini.

Razgatlioglu memang kerap jadi topik perbincangan di MotoGP, karena gaya balapnya yang agresif dan tak kenal takut di WorldSBK. Saat Valentino Rossi terancam absen di Seri Valencia 2020, ia jadi kandidat rider cadangan, namun batal karena ia disponsori Red Bull, kompetitor Monster Energy yang jadi sponsor utama Yamaha di MotoGP.

Alhasil, Yamaha pun meminta rider GRT Yamaha WorldSBK asal Amerika Serikat, Garrett Gerloff, untuk jadi rider cadangan Rossi. Razgatlioglu ikut bahagia untuk Gerloff, namun tak sanggup menyembunyikan kekecewaannya karena mengendarai sebuah motor MotoGP ternyata merupakan impiannya sejak lama.

1 dari 3 halaman

Level Para Rider WorldSBK Tak Kalah Berkualitas

Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (c) Facebook/Pata Yamaha WorldSBK Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (c) Facebook/Pata Yamaha WorldSBK

"Di Moto3 dan Moto2, ada jalan jelas menuju MotoGP. Logis jika tim MotoGP lebih suka memperhatikan para rider di sana. Anda bisa lihat jelas seberapa mereka tumbuh. Saat potensi terlihat, tim akan menggaet mereka. Memang lebih mudah bagi tim MotoGP mengikuti perkembangan para rider ini," tutur Dosoli via Speedweek, Minggu (17/1/2021).

Namun, Dosoli yakin para rider WorldSBK juga tak kalah berkualitas. Contohnya Razgatlioglu, yang ia yakini cepat atau lambat akan dapat kans turun di MotoGP. "Level performa para rider WorldSBK tidaklah buruk. Anda sudah lihat Garrett di Valencia. Beberapa rider dari WorldSBK memang bisa tampil baik di MotoGP," ungkapnya.

"Impian Toprak adalah jadi juara WorldSBK. Jika ia meraihnya, saya takkan kaget jika ada pintu (MotoGP) terbuka untuknya. Sayangnya, semua ini di luar kendali saya. Saya tak punya informasi internal soal apakah kemungkinan ini ada dalam rencana Yamaha," lanjut pria asal Italia ini.

2 dari 3 halaman

Harus Juara Dulu di WorldSBK

Manajer pribadi Razgatlioglu yang juga lima kali juara WorldSSP, Kenan Sofuoglu, juga punya opini senada dengan Dosoli. Lewat WorldSBK.com pada pertengahan 2020, pria asal Turki ini mengakui fokus kliennya tersebut adalah merebut gelar WorldSBK.

Namun, jika sekalinya Razgatlioglu dapat tawaran di MotoGP, pertimbangan serius akan dilakukan. "Saya bisa bilang bahwa Toprak sudah mendapatkan ketertarikan dari MotoGP, dan saya segera bilang padanya bahwa itu adalah tawaran yang baik dari tim yang baik pula," ujarnya.

"Jika ia bisa menang mudah di WorldSBK 2021, dan jika ada tawaran dari tim pabrikan (MotoGP), maka saya akan ubah rencana. Dan jika Toprak mau, kami bisa pindah ke MotoGP. Rencana kami adalah membuat Toprak punya cerita bersejarah, jadi salah satu legenda di WorldSBK," tutup Sofuoglu.

Sumber: Speedweek, WorldSBK

3 dari 3 halaman

Video: Maverick Vinales Menangi MotoGP Emilia Romagna 2020

KOMENTAR