Toprak Razgatlioglu Akhirnya Tes Motor MotoGP, Yamaha Tak Rilis Catatan Waktu

Anindhya Danartikanya | 22 Juni 2022, 08:32
Toprak Razgatlioglu dan Cal Crutchlow (c) Yamaha Racing
Toprak Razgatlioglu dan Cal Crutchlow (c) Yamaha Racing

Bola.net - Meski batal pindah ke MotoGP musim depan, Toprak Razgatlioglu tetap mendapatkan kesempatan menjajal motor MotoGP milik Yamaha, YZR-M1, di Sirkuit MotorLand Aragon, Spanyol, pada Selasa (21/6/2022). Sayangnya, Yamaha sama sekali tak merilis catatan waktunya secara resmi.


Seperti yang diketahui, tes ini merupakan hadiah dari Yamaha untuk 'El Turco' usai merebut gelar dunia WorldSBK 2021. Tadinya, tes ini juga hendak dijadikan bahan evaluasi sebelum ia dipindahkan ke MotoGP 2023. Namun, kepindahannya batal karena Yamaha hanya akan menurunkan satu tim musim depan.

Dalam tes ini, Razgatlioglu didampingi oleh test rider Yamaha MotoGP, Cal Crutchlow. Ia menjalani total 40 lap, di mana 12 lap pertama dijalani secara beruntun. Sayangnya, tes ini harus diakhiri lebih awal akibat hujan deras, dan Yamaha sama sekali tak merilis catatan waktunya agar bisa dibandingkan dengan catatan para rider MotoGP.

Berikut pernyataan resmi Toprak Razgatlioglu seperti yang dilansir dari situs resmi Yamaha Racing.

1 dari 1 halaman

Pernyataan Resmi Toprak Razgatlioglu

"Ini hari pertama saya di atas motor MotoGP Yamaha M1 dan rasanya sangat berbeda dari R1. Lebih bertenaga, elektronik dan seamless gearbox-nya berbeda, semuanya benar-benar baru bagi saya. Pada tiap lap, saya banyak belajar, karena usai WorldSBK, tak mudah beradaptasi dengan mesin MotoGP. Untungnya, ada Cal Crutchlow yang menawarkan saran, dan ia sangat membantu saya.

"Motor ini terasa baik, terutama di trek lurus, yang sangat cepat, dan rasanya menarik menjajal rem karbon. Kondisinya sangat panas hari ini, jadi kami hanya menjalani beberapa run yang terdiri dari 5-6 lap usai run pertama sebanyak 12 untuk mendapatkan sensasi perdana di atas motor.

"Saat menonton motor-motor MotoGP di Aragon lewat televisi, Anda bisa lihat treknya agak bergeronjal, dan saya bisa merasakannya hari ini. Situasinya tak terlalu buruk, Anda hanya harus terus membuka gas demi melewatinya, karena jika Anda menutup gas, maka mototnya bakal tak stabil.

"Secara umum, ini tes positif, meski diakhiri lebih awal akibat hujan pada siang hari, yang berarti saya tak bisa menjalani lap sebanyak yang saya mau. Saya sangat menikmati naik motor MotoGP, jadi terima kasih kepada Yamaha atas kesempatan ini."

Sumber: Yamaha Racing

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR