BERITA PIALA EROPA BUNDESLIGA LAINNYA

Tito Rabat Diisukan Jadi Pengganti Jorge Martin di MotoGP Jerez

21-04-2021 18:11 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Barni Racing Team Ducati, Tito Rabat (c) Facebook/Ducati Pembalap Barni Racing Team Ducati, Tito Rabat (c) Facebook/Ducati

Bola.net - Eks pembalap MotoGP yang kini turun di WorldSBK, Tito Rabat, dikabarkan akan jadi pengganti sementara untuk rider Pramac Racing, Jorge Martin, di MotoGP Jerez, Spanyol, pada 30 April-2 Mei mendatang. Demikian yang dilansir oleh Autosport pada Rabu (21/4/2021).

Martin jadi pusat perhatian usai kecelakaan hebat di Tikungan 7 Sirkuit Portimao dalam sesi latihan bebas ketiga (FP3) MotoGP Portugal pada Sabtu (17/4/2021) lalu. Ia tampak sulit bergerak usai terjatuh keras di area gravel, hingga petugas trek meminta sesi dihentikan sementara untuk mengevakuasi Martin dari TKP.

Saat akhirnya tubuh Martin bisa ditandu menuju ambulans, MotoGP pun menampilkan notifikasi di layar televisi bahwa Martin dalam keadaan sadar. Namun, menurut keterangan juara dunia Moto3 2018 ini, ternyata dirinya sempat hilang kesadaran sejenak, yakni saat kepalanya membentur aspal.

1 dari 3 halaman

Jorge Martin Bakal Jalani Operasi yang Rumit

Pembalap Pramac Racing, Jorge Martin (c) Pramac Racing Pembalap Pramac Racing, Jorge Martin (c) Pramac Racing

"Tikungan 7 adalah tikungan kanan pertama sejak Anda keluar dari garasi. Saya punya terbang, dan ketika saya jatuh dengan kepala membentur tanah lebih dahulu, saya tak sadarkan diri. Saat itulah saya mulai berguling-guling di gravel, hingga saya meretakkan tujuh tulang," tutur Martin via MotosanES.

Martin pun mengaku mengalami begitu banyak cedera, namun yang terparah adalah patah tulang metacarpal tangan kanannya, begitu juga engkel kaki kanan, dan lutut kaki kiri. Ia akan menjalani operasi di tiga area sekaligus pada satu waktu di Barcelona, Spanyol, hari ini.

"Tiga dokter akan mengoperasi saya pada saat yang sama. Operasinya bakal lama, karena mereka melakukan segalanya sekaligus. Operasinya juga bakal rumit: satu di tangan kanan, ibu jari kaki, dan lutut kiri saya yang akan butuh waktu lebih lama, kemudian ada cedera lagi di kaki kanan, pada engkel," kisah Martin.

2 dari 3 halaman

Jorge Martin Akui Absen di Jerez dan Le Mans

Pembalap berjuluk 'Martinator' ini pun mengaku harus absen dua balapan lagi. "Jerez bakal mustahil. Le Mans juga jelas mustahil. Jadi target saya adalah kembali di Mugello. Target saya adalah kembali sebulan atau 1,5 bulan lagi. Yang jelas semuanya bakal berat, karena saya sangat kesakitan," tutupnya.

Sebelumnya, test rider Ducati Corse, Michele Pirro, sempat dikabarkan akan jadi rider pengganti Martin untuk sementara. Namun, menurut laporan Autosport, Pramac Racing telah memilih Rabat untuk menjalankan tugas tersebut di Seri Jerez. Rabat sendiri baru mundur dari MotoGP akhir tahun lalu.

Meski tak lagi berkompetisi di MotoGP, Rabat masih bekerja sama dengan Ducati Corse, turun di WorldSBK bersama Barni Racing Team. Belum ada pengumuman resmi baik dari Pramac maupun Ducati, namun kini Rabat sedang mempersiapkan diri menjelang seri pembuka WorldSBK 2021 di Aragon, Spanyol, pada 21-23 Mei nanti.

Sumber: Autosport, MotosanES

3 dari 3 halaman

Video: Kebakaran Besar di Sirkuit MotoGP Argentina

KOMENTAR