BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Tito Rabat Berpeluang ke WorldSBK 2020 Bareng Kawasaki

01-07-2019 14:30 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Reale Avintia Racing, Tito Rabat (c) Avintia Racing Pebalap Reale Avintia Racing, Tito Rabat (c) Avintia Racing

Bola.net - Menyusul pernyataan Reale Avintia Racing yang ingin merombak timnya di MotoGP, nasib Tito Rabat pun dipenuhi tanda tanya. Juara dunia Moto2 2014 ini pun baru-baru ini santer dikabarkan tengah mempertimbangkan tawaran dari Kawasaki Racing Team untuk turun di WorldSBK 2020, bertandem dengan Jonathan Rea.

Rabat, yang juga sahabat Marc dan Alex Marquez, menjalani debut Grand Prix di kelas GP125 2005, dan naik ke Moto2 pada 2011. Potensi dan talentanya pun mulai terlihat jelas usai meraih tiga kemenangan dengan Pons Racing pada 2013, serta duduk di peringkat 3 di belakang Pol Espargaro dan Scott Redding.

Pada 2014, ia pindah ke Marc VDS, dan langsung mendominasi Moto2, dengan koleksi 14 podium, yang 7 di antaranya merupakan kemenangan. Pada 2015, ia bertahan di Moto2, meraih 10 podium dan 3 kemenangan, namun harus puas duduk di peringkat 3 lagi, sebelum naik ke MotoGP 2016 bersama tim yang sama.

Sayangnya, Rabat sangat kesulitan mengendalikan RC213V, juga sulit meraih hasil baik dengan Ducati Desmosedici sejak membela Avintia pada 2018 lalu. Cedera lutut kanan yang cukup parah akibat kecelakaan hebat di Silverstone, Inggris, juga makin membuat karier Rabat menjadi kelam.

1 dari 2 halaman

Dilirik usai Performa Haslam Tak memuaskan

Pengakuan Avintia yang ingin menggaet dua rider muda dari Moto2 tahun depan, membuat Rabat harus mencari opsi lain. Ia pun mendapat kesempatan untuk kembali bertarung di papan atas lewat cara pindah ke WorldSBK. Tak main-main, ia pun mendapat tawaran dari tim papan atas sekaliber Kawasaki Racing Team.

Saat ini, tim pabrikan Kawasaki tengah menaungi 4 kali juara dunia, Jonathan Rea, yang tengah bertarung sengit dengan Alvaro Bautista (Aruba.it Racing Ducati) untuk memperebutkan gelar tahun ini. Tandem Rea, Leon Haslam, sejauh ini baru meraih 4 podium dan belum meraih kemenangan.

Prestasi Haslam yang jauh dari ekspektasi inilah yang membuat Kawasaki melirik Rabat untuk dijadikan tandem baru Rea musim depan. Kabar ini pun mulai terkuak di sela pekan balap MotoGP Belanda pada 28-30 Juni lalu.

2 dari 2 halaman

Para Pesaing Rabat

Menurut Speedweek, Kawasaki juga dikabarkan mendekati duet pebalap Marc VDS Moto2, Alex Marquez dan Xavi Vierge, namun Marquez diduga akan membela Avintia di MotoGP musim depan, sementara Vierge diperkirakan bertahan di Moto2, masih bersama Marc VDS.

Rabat juga punya pesaing dari paddock WorldSBK sendiri. Michael van der Mark yang saat ini masih membela Pata Yamaha WorldSBK dikabarkan tengah melakukan negosiasi, begitu pula pebalap muda Turki yang saat ini membela Turkish Puccetti Racing, Toprak Razgatlioglu.

Apakah Rabat benar-benar akan hijrah ke WorldSBK bersama Kawasaki tahun depan? Kita tunggu perkembangannya ya, Bolaneters.

KOMENTAR