Tinggalkan Yamaha, WithU RNF Resmi Pindah ke Aprilia di MotoGP 2023

Anindhya Danartikanya | 27 Mei 2022, 15:15
Massimo Rivola, Razlan Razali, dan Matteo Ballarin (c) RNF Racing
Massimo Rivola, Razlan Razali, dan Matteo Ballarin (c) RNF Racing

Bola.net - Team Principal WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Razlan Razali, resmi mengumumkan bahwa pihaknya akan meninggalkan Yamaha di MotoGP akhir musim ini. Lewat rilis resmi tim pada Jumat (29/7/2022), Razali menyatakan bahwa skuadnya akan menjadi tim satelit Aprilia Racing mulai 2023.


RNF Racing menjalani debut MotoGP pada 2019 lalu dengan nama Petronas Yamaha SRT. Skuad ini berstatus sebagai tim satelit Yamaha dan meraih banyak kesuksesan bersama Fabio Quartararo, Franco Morbidelli, dan Valentino Rossi. Morbidelli bahkan menyabet runner up pada 2020 bersama tim ini.

Skuad tersebut kemudian berubah nama menjadi WithU Yamaha RNF MotoGP Team musim ini, usai Petronas secara mengejukan memutuskan mundur dari perannya sebagai sponsor utama. Tim asal Malaysia ini sedang menaungi tiga kali runner up MotoGP, Andrea Dovizioso dan rider debutan, Darryn Binder.

1 dari 2 halaman

Siapa yang Jadi Pembalapnya?

Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Darryn Binder (c) AP Photo

Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Darryn Binder (c) AP Photo

Belum diketahui siapa yang akan menjadi pembalap dari proyek RNF dan Aprilia ini, namun Razali diketahui sangat terkesan pada progres yang ditunjukkan Binder, dan Aprilia juga sangat santer dikabarkan sedang menjalani negosiasi dengan Alex Rins, yang saat ini masih membela Suzuki Ecstar.

Di lain sisi, juga belum diketahui bagaimana nasib Yamaha yang untuk sementara tak memiliki tim satelit di MotoGP 2023. Dorna Sports sendiri diketahui ogah menambah jumlah tim independen MotoGP dari enam menjadi tujuh. Padahal, Yamaha saat ini sedang berusaha membawa Toprak Razgatlioglu ke MotoGP.

Berikut pernyataan resmi Razlan Razali.

2 dari 2 halaman

Pernyataan Razlan Razali

Team Principal WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Razlan Razali (c) RNF Racing

Team Principal WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Razlan Razali (c) RNF Racing

"Kami jelas sangat bersemangat soal kerja sama jangka panjang ini bersama Aprilia Racing. Filosofi kami tetaplah bekerja sama dengan tim pabrikan untuk mengembangkan pembalap yang suatu hari nanti menjadi pembalap tim pabrikan Aprilia. Kami akan membantu mereka dalam pengembangan untuk memastikan kami tetap kompetitif dan utamanya menang bersama Aprilia Racing.

"Proposal Aprilia Racing memenuhi rencana-rencana jangka panjang, strategi, dan jaminan kami untuk dua tahun ke depan plus dua tahun berikutnya, dan saya harus berterima kasih kepada Massimo (Rivola, CEO Aprilia Racing) atas kepercayaan dan keyakinannya kepada kami. Kami sangat menantikan musim depan dan kerja sama baru ini.

"Pada saat yang sama, kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Yamaha atas tahun-tahun belakangan ini dalam bekerja dan berkembang bersama-sama. Kami akan mempertahankan fokus kami pada kerja keras musim ini demi meningkatkan hasil kami bersama Yamaha dan mengakhiri musim 2022 dengan baik."

Sumber: RNF Racing

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR