BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Tinggalkan Pramac, Francesco Guidotti Resmi Jadi Manajer Tim KTM di MotoGP

02-12-2021 09:29 | Anindhya Danartikanya

Francesco Guidotti dan Pit Beirer (c) KTM Images
Francesco Guidotti dan Pit Beirer (c) KTM Images

Bola.net - KTM resmi mengumumkan bahwa Francesco Guidotti menggantikan posisi Mike Leitner sebagai Manajer Tim Red Bull KTM Factory Racing di MotoGP terhitung sejak Rabu (1/12/2021). Guidotti bukan orang asing bagi KTM, namun ia merupakan Manajer Tim Pramac Racing dalam beberapa tahun terakhir.

Guidotti pernah menjabat sebagai Manajer Tim KTM pada 2006-2009 untuk kelas GP125 dan GP250. Pada 2010, ia pindah ke WorldSBK untuk menjadi Manajer Tim Aprilia Racing. Namun, pada 2013, ia kembali ke MotoGP untuk memimpin Pramac Racing, tim satelit Ducati milik CEO Pramac, Paolo Campinoti.

Guidotti dikenal telaten membimbing rider muda seperti Danilo Petrucci, Scott Redding, Jack Miller, Pecco Bagnaia, Johann Zarco, dan Jorge Martin, yang semuanya mampu meraih setidaknya satu podium. Martin bahkan sukses merebut kemenangan perdana Pramac di MotoGP, usai menguasai Seri Styria musim ini.

1 dari 3 halaman

Sempat Tolak Tawaran Suzuki

Mike Leitner dan Francesco Guidotti (c) KTM Images/Philip Platzer, Pramac Racing
Mike Leitner dan Francesco Guidotti (c) KTM Images/Philip Platzer, Pramac Racing

Kabar kembalinya Guidotti ke KTM cukup mengejutkan paddock MotoGP. Pasalnya, pria asal Italia ini menolak tawaran serupa dari Suzuki Ecstar, yang kelimpungan sejak ditinggalkan oleh Davide Brivio ke Formula 1 sebagai Direktur Balap Alpine F1 Team.

Guidotti pun mengambil alih peran Mike Leitner, bergabung dengan KTM sejak awal 2015, menjabat sebagai Vice President KTM On-road, sebelum skuad oranye ini akhirnya turun secara penuh di MotoGP pada 2017, di mana Leitner juga ditunjuk sebagai manajer tim pabrikannya.

Pencopotan Leitner dari jabatan manajer tim pabrikan KTM sudah diumumkan pada Kamis (25/11/2021) lalu. Meski begitu, Leitner yang juga merupakan eks crew chief Dani Pedrosa ini akan tetap bekerja di bawah payung KTM, dipindahkan ke jabatan konsultan.

2 dari 3 halaman

Pernyataan Resmi Francesco Guidotti

Manajer Tim Pramac Racing, Francesco Guidotti (c) Pramac RacingManajer Tim Pramac Racing, Francesco Guidotti (c) Pramac Racing

"Saya pernah menjadi manajer tim KTM pada 2006-2009, dan kemudian mengambil beberapa pengalaman berharga di kejuaraan lain sebelum kembali ke MotoGP. Kini saya mampu melengkapi siklusnya!

"KTM selalu sangat ambisius dan lapar dengan program-program balap mereka, dan kita bisa lihat bahwa tak ada bedanya di MotoGP.

"Menakjubkan melihat apa yang mereka raih dalam waktu singkat, dan masih banyak yang bisa kami lakukan. Saya sangat senang bisa kembali dan menjadi bagian dari kekuatan besar ini demi lebih banyak kesuksesan."

3 dari 3 halaman

Pernyataan Direktur KTM Motorsport, Pit Beirer

"Sebuah kehormatan bisa menyambut Francesco kembali bersama kami, sekaligus seseorang yang sudah mengenal kultur dan cara kami balapan di KTM.

"Kami ingin menyajikan suasana segar dalam struktur manajemen MotoGP kami dan kami merasa masukan dan gagasannya bisa memberi kami beberapa momentum baru pada musim keenam kami di grid.

"Dengan orang-orang seperti Francesco, Fabiano Sterlacchini, Herve Poncharal, Jens Hainbach, dan Aki Ajo, kami tahu kami punya sistem kepemimpinan terbaik demi membantu kami terus maju dan mencetak lebih banyak prestasi di MotoGP untuk perusahaan kami."

Sumber: KTM Factory Racing

KOMENTAR