Tinggalkan Ducati, Danilo Petrucci Merasa 10 Tahun Lebih Muda di KTM

Anindhya Danartikanya | 14 Februari 2021, 14:35
Pembalap Tech 3 KTM Factory Racing, Danilo Petrucci (c) KTM Images/Philip Platzer
Pembalap Tech 3 KTM Factory Racing, Danilo Petrucci (c) KTM Images/Philip Platzer

Bola.net - Usai membela Ducati selama enam tahun, Danilo Petrucci merasa 10 tahun lebih muda usai bergabung ke Tech 3 KTM Factory Racing di MotoGP 2021. Berganti pabrikan seolah memberinya angin segar. Lewat MotosanGP, Jumat (12/2/2021), usai peluncuran tim, Petrucci mengaku semangatnya kian terlecut untuk tampil baik.

Uniknya, meski ini pertama kalinya ia membela KTM di dunia balap, Petrucci selama ini berlatih di rumah dengan motor-motor KTM, terutama motor motocross. Ia pun takjub kini benar-benar membela pabrikan Austria tersebut, apalagi setelah menjalani latihan fisik di Red Bull Performance Center di Thalgau.

Selama di Austria, Petrucci tak hanya berlatih fisik, melainkan juga bekerja dengan para insinyur KTM yang mendengarkan semua masukannya untuk pengembangan RC16, mengingat ia merupakan rider paling berpengalaman di Skuad Oranye, walau belum dapat kesempatan menjalani uji coba di atas motor itu.

1 dari 3 halaman

Sudah Jajal Semua Motor Produksi KTM

"Saya sudah mencoba semua motor KTM, kini yang saya butuhkan hanyalah motor MotoGP. Saya sudah bekerja keras dan latihan di Red Bull Performance Center, rasanya fantastis," ungkap pembalap berusia 30 tahun ini, tepat setelah Tech 3 meluncurkan skuadnya secara virtual lewat YouTube.

"Kami menjalani banyak tes yang bikin saya paham apa yang harus saya perbaiki. Saya didampingi orang-orang kompeten. Rasanya seperti saat pertama kali tiba di MotoGP 10 tahun lalu. Saya punya semangat tinggi untuk bekerja. Ini semua bikin saya merasa lebih muda," ujarnya.

Petrucci, yang selama membela Ducati sukses meraih 10 podium dan dua kemenangan, sangat meyakini ini adalah saat yang tepat baginya untuk pindah pabrikan. Ia pun yakin telah memilih pabrikan yang tepat, usai melihat KTM sukses besar meraih delapan podium dan tiga kemenangan sepanjang 2020.

2 dari 3 halaman

Tekad Menang dengan KTM

"Usai enam tahun di Ducati, ini saatnya melakukan perubahan, apalagi usai melihat peningkatan KTM pada 2019. Mereka menang tiga kali pada 2020, jadi ini kans baik bagi saya. Target saya menang dengan KTM. Menang dengan dua pabrikan berbeda hanya bisa dilakukan sedikit orang. Saya rasa saya bisa melakukannya," tutur 'Petrux'.

Rider Italia ini juga mengaku tak masalah harus membela tim pabrikan, toh Tech 3 akan mendapatkan dukungan teknis yang sama persis dengan Red Bull KTM Factory Racing. Petrucci mengaku sudah terlatih dengan sistem kerja ini di Pramac Racing, di mana ia sukses meraih enam podium.

"Saya tak lihat perbedaan antara tim pabrikan dan Tech 3. Tahun lalu, tim ini menang dua kali. Saya sendiri di Pramac membuktikan bahwa saya bisa bertarung di papan atas jika Anda punya motor spek pabrikan meski tak membela tim utama. Jadi, saya tak cemas, saya tahu saya harus ada di depan semua orang," tutupnya.

Sumber: MotosanGP

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR