Tim Valentino Rossi Bantah ke Yamaha di MotoGP 2024, Teguh Hormati Kontrak Ducati

Anindhya Danartikanya | 7 Desember 2022, 14:01
Tim Valentino Rossi Bantah ke Yamaha di MotoGP 2024, Teguh Hormati Kontrak Ducati
Pembalap Mooney VR46 Racing Team, Luca Marini dan Marco Bezzecchi (c) VR46 Racing Team

Bola.net - Project Leader VR46, Alessio Salucci, membantah pernyataan Presiden FIM, Jorge Viegas, yang secara mengejutkan menyebut tim balap Valentino Rossi, Mooney VR46 Racing Team bakal menjadi tim satelit Yamaha di MotoGP 2024. Padahal, VR46 masih terikat kontrak dengan Ducati sampai akhir 2024.

Pernyataan ini dilempar Viegas di sela gelaran FIM Awards di Italia, Sabtu (3/12/2022). Seperti yang diketahui, pada 2023 nanti, Yamaha hanya menurunkan dua pembalap lewat tim pabrikan. Pasalnya, mereka ditinggalkan RNF Racing ke Aprilia Racing. Yamaha pun ingin punya tim satelit lagi dalam waktu dekat.

"Saya tak lihat ini sebagai situasi yang baik. Namun, saya rasa situasi ini hanya akan berlangsung pada 2023. Pada 2024, tim Vale akan pindah dari Ducati ke Yamaha. Saat ini, hal itu masih merupakan ide, belum ada konfirmasi. Namun, saya ingin berbagi kabar. Akan ada enam Ducati dan empat Yamaha," ucap Viegas.

1 dari 2 halaman

VR46 Justru Tidak Tahu Apa-Apa

Project Leader VR46 Uccio Salucci, dan Luca Marini (c) VR46 Racing Team

Project Leader VR46 Uccio Salucci, dan Luca Marini (c) VR46 Racing Team

VR46 sendiri telah menjadi tim satelit Ducati sejak MotoGP 2021 meski Rossi merupakan ikon Yamaha. Mereka kemudian menandatangani kontrak baru berdurasi tiga musim, yang baru akan habis pada akhir 2024. Salucci pun mengaku heran Viegas menyatakan hal yang uniknya justru tidak ada dalam niatan skuadnya.

"Kisah ini tidak ada habisnya. Sebelumnya, orang bilang kami akan jadi tim satelit Yamaha pada 2023. Kini malah ditunda ke 2024," gurau Salucci via GPOne, Senin (5/12/2022). "Saya tak tahu mengapa Viegas melemparkan pernyataan sensasional itu. Rasanya janggal, karena kami sendiri tidak tahu apa-apa."

Pria yang akrab disapa 'Uccio' ini menyatakan, yang terpenting bagi VR46 adalah motor yang kompetitif bagi Luca Marini dan Marco Bezzecchi. Saat ini, mereka ada di pabrikan yang tepat, karena Ducati terbukti tangguh di lintasan. Salucci bahkan menyebut timnya punya opsi lanjutan dua musim dengan Ducati.

2 dari 2 halaman

VR46 Punya Hubungan Baik dengan Yamaha

Pembalap Mooney VR46 Racing Team, Marco Bezzecchi (c) AP Photo

Pembalap Mooney VR46 Racing Team, Marco Bezzecchi (c) AP Photo

"Saya ulang sekali lagi, kami punya kontrak tiga tahun dengan Ducati, yang habis pada akhir 2024, dengan opsi lanjut selama dua tahun. Kami jelas akan menghormati kontrak ini, dan setelahnya barulah kami lihat apakah bakal lanjut atau tidak pada 2025. Bagi kami, sangat penting punya motor kompetitif," ujar Salucci.

Di lain sisi, meski belum punya niatan menjadi tim satelit Yamaha, VR46 berharap Yamaha bisa kompetitif. Pasalnya, mereka memiliki pertemanan yang sangat baik berkat kolaborasi antara Rossi dan Yamaha yang terjalin bertahun-tahun. Selain itu, Franco Morbidelli juga sedang membela Monster Energy Yamaha.

"Menurut pandangan pribadi, saya harap Yamaha kompetitif. Saya takkan menepis fakta bahwa kami punya ikatan, lewat hubungan baik dan juga lewat Franky, yakni rider akademi kami, yang balapan untuk mereka. Namun, belum ada keinginan dari mereka untuk bekerja sama dengan VR46," tutup sahabat karib Rossi sejak usia lima tahun ini.

Sumber: GPOne

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR