BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Tetap di MotoGP Sampai 2026, Ducati Makin Getol Rebut Gelar Dunia Pembalap

21-01-2021 10:54 | Anindhya Danartikanya

General Manager Ducati Corse, Gigi Dall'Igna (c) Ducati General Manager Ducati Corse, Gigi Dall'Igna (c) Ducati

Bola.net - General Manager Ducati Corse, Gigi Dall'Igna, mengaku pihaknya semakin bersemangat membidik gelar dunia pembalap di MotoGP, usai pabrikan asal Borgo Panigale, Bologna, Italia tersebut menandatangani perpanjangan kontrak dengan Dorna Sports untuk musim 2022-2026.

Ducati berkompetisi di MotoGP sejak 2003. Untuk meraih kemenangan perdana, mereka tak perlu menunggu lama, karena Loris Capirossi menyabetnya pada seri keenam di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol, unggul 3 detik dari Valentino Rossi yang masih membela Repsol Honda.

Ducati mewujudkan impian jadi juara dengan meraih Triple Crown pada 2007, yakni gelar dunia pembalap lewat Casey Stoner, gelar dunia konstruktor, dan gelar dunia tim. Ducati sukses merebut gelar konstruktor lagi tahun lalu, namun sampai kini belum lagi dapat gelar dunia pembalap.

1 dari 3 halaman

Sejauh Ini Mentok Jadi Runner up

Ducati Rebut Gelar Dunia Konstruktor MotoGP 2020. (c) Ducati Ducati Rebut Gelar Dunia Konstruktor MotoGP 2020. (c) Ducati

Kini sudah kembali kompetitif, Ducati sejatinya telah beberapa kali nyaris meraih gelar dunia pembalap lagi, yakni lewat Andrea Dovizioso. Sayangnya, rider Italia tersebut hanya mentok menjadi runner up pada 2017, 2018, dan 2019 di belakang Marc Marquez.

Tahun lalu, lima dari enam rider Ducati juga sukses naik podium, dan gelar dunia konstruktor pun mereka rebut lewat dua kemenangan yang diraih Dovizioso dan Danilo Petrucci. Selama 18 musim di MotoGP, Ducati pun telah mengoleksi 160 podium dan 51 kemenangan.

Resmi akan tetap berkompetisi di MotoGP sampai 2026, Ducati pun makin ambisius meraih gelar dunia pembalap lagi. "Kami senang bisa mengonfirmasi partisipasi kami di MotoGP sampai akhir 2026," ungkap Dall'Igna lewat rilis resmi Ducati Corse, Rabu (20/1/2021).

2 dari 3 halaman

Pembekuan Mesin Bukan Halangan

Jack Miller (c) Pramac Racing Jack Miller (c) Pramac Racing

"Selama beberapa tahun terakhir, Desmosedici GP telah terbukti sebagai salah satu motor paling kompetitif di grid, dan gelar dunia konstruktor 2020 menjadi bukti lebih jauh dari ini semua," lanjut Dall'Igna, yang bergabung dengan Ducati pada akhir 2013 usai jadi Direktur Teknis Aprilia.

Pria asal Italia ini juga menyatakan, meski seluruh peserta MotoGP 2021 harus tetap menggunakan motor musim lalu berdasarkan regulasi pembekuan mesin akibat Covid-19, Ducati bertekad meraih gelar dunia pembalap lagi, terutama lewat dua rider anyar tim pabrikan mereka, Jack Miller dan Pecco Bagnaia.

"Meski regulasi tahun ini tak mengizinkan pengembangan teknis secara signifikan, kami akan menghadapi musim 2021 dengan semangat dan dedikasi yang sama. Target kami adalah meraih gelar dunia MotoGP dengan para pembalap baru kami, dan mempersiapkan komitmen masa depan kami di MotoGP," tutup Dall'Igna.

Sumber: Ducati Corse

3 dari 3 halaman

Video: Pembangunan Sirkuit MotoGP Indonesia 2021 di Mandalika

KOMENTAR